Mau Ujian? Yuk Simak, 10 Tips Singkat Belajar yang Efektif


Apakah kalian sering belajar tetapi merasa apa yang kalian baca tidak “masuk” ke otak? Yuk simak tips-tips berikut agar belajar kalian lebih efektif.
10 Tips Singkat Belajar yang Efektif
*freepik.com

1.      Mengingat-ingat kembali
Setelah membaca satu atau dua halaman, coba ingat-ingat kembali ide pokok dari yang baru saja kamu baca.

2.      Tes yang kamu pelajari
Tes seberapa paham tentang materi yang baca dengan mengerjakan soal latihan.
3.      Mempelajari masalah sampai benar benar paham
Setelah berhasil menyelesaikan sebuah soal, jangan lansung berhenti. Ulangi kembali hingga kamu lancar dalam mengerjakannya. Seperti dalam menyanyikan sebuah lagu, setelah selesai kita nyanyikan maka kita akan ulangi dari awal agar lebih hapal.

4.      Beri jeda
Bayangkan otak kamu seperti otot. Jika terlalu lama digunakan maka kamu merasa kelelahan dan akibatnya belajar yang kamu lakukan menjadi tidak efektif. Jangan belajar terlalu lama dalam satu waktu. Belajarlah secara sedikit-sedikit tetapi rutin.

5.      Gunakan teknik berbeda untuk memecahkan suatu masalah
Jika kamu telah benar-benar memahami suatu soal, cobalah mengerjakan soal dengan jenis yang berbeda. Sehingga kamu tahu bagaimana dan kapan menggunakan suatu metode karena bisa saja metode tersebut cocok untuk mengerjakan permasalahan A tetapi tidak cocok untuk permasalahan B.

6.      Beristirahat
Tidak masalah jika tidak bisa mengerjakan soal pada pertama kali mencoba atau ada suatu konsep yang susah kita pahami. Hal tersebut wajar, saat ini terjadi cobalah untuk beristirahat. Saat kita beristirahat setelah pusing berusaha memahami suatu konsep, ada bagian dalam otak kita yang tetap aktif mengerjakannya. Sehingga terkadang kita menemui solusi yang selama ini kita cari justru saat  sedang bersantai. Oleh karena itu belajar sedikit setiap lari lebih baik daripada belajar berjam-jam sekaligus

7.      Gunakan analogi
Analogi dapat kita gunakan untuk membantu pemahaman kita. Contohnya saat mempelajari listrik kita sedikit kesulitan diawal karena kita tidak bisa benar-benar melihat listrik. Untuk mempermudah dalam memahaminya maka listrik dapat dianalogikan dengan air.

8.      Fokus
Matikan notifikasi pada alat-alat elektronik. Suara notifikasi dari smartphone dapat mengganggu konsentrasimu.

9.      Pilih waktu yang tepat
Salah satu waktu yang tepat untuk belajar adalah pagi hari karena kita masih fresh dan belum banyak gangguan suara bising.

10.  Bayangkan apa yang akan kamu pelajari
Sebelum kamu mulai belajar, bayangkan apa saja yang kamu dapat setelah selesai mempelajarinya.


Latest
Previous
Next Post »