Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12 (semua materi kelas 12) Soal A


Berikut Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12 (semua materi kelas 12) Soal A
Untuk soal lengkapnya dapat dilihat pada:
Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12

1. Pada proses perkecambahan pada biji tumbuhan, organ tanaman yang pertama kali muncul adalah ....

Kunci Jawaban: A. Akar
Pembahasan: Saat biji berkecambah, organ pertama yang muncul adalah radikula (bakal akar) yang akan tumbuh menembus tanah menjadi akar. Pada ilustrasi di bawah, dapat dilihat akar merupakan organ pertama yang berdiferensiasi menjadi jaringan dewasa. 

Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12

Sumber: Campbell Biology In Focus, 2014

2. Kulit batang yang kita lukai dapat membentuk jaringan kalus. Terbentuknya jaringan tersebut dipengaruhi oleh ….

Kunci Jawaban: A. Asam Traumalin
Pembahasan:
- Asam traumalin: berfungsi memperbaiki jaringan yang luka dengan membentuk jaringan kalus (jaringan yang belum terdiferensiasi)
- Antokalin: memicu pertumbuhan bunga (anto: bunga)
- Filokalin: memicu pertumbuhan daun (filo: daun)
- Rizokalin: memicu pertumbuhan akar (rizo: akar)
- Kaulokalin: memicu pertumbuhan batang (caulis: batang)

3. Enzim yang berperan mempergiat penggabungan O2 dengan substrat dan mereduksi O2 sehingga terbentuk H2O adalah enzim ….

Kunci Jawaban : C. Oksidase
Pembahasan:
- Katalase: enzim yang mengkatalisis (mempercepat reaksi) penguraian hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2).
- Dehidrogenase: enzim yang berfungsi memindahkan hidrogen dari satu zat ke zat lain
- Karboksilase : enzim yang berperan dalam mengubah asam organik secara reversible (bolak-balik)
- Hidrase: berfungsi menambah atau mengurang molekul air dari suatu senyawa tanpa mengurai senyawa yang bersangkutan.

4. Fungsi hormon asam absisat adalah ....

Kunci Jawaban: a. menghambat pembelahan sel, menunda perbungaan dan menyebabkan absisi atau pengguguran daun
Pembahasan: Kerja asam absisat berlawanan dengan hormon pertumbuhan lainnya. Pengguguran daun sebagai upaya mencegah kekurangan air pada tumbuhan dipicu oleh asam absisat.

5. Berikut ini bukan merupakan makronutrien untuk tumbuhan, adalah ....
Kunci Jawaban: C. Besi
Pembahasan: Makronutrien untuk tumbuhan adalah karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen, fosfor, sulfur, kalium, kalsium, dan magnesium.

6. Berikut ini basa nitrogen yang terdapat di RNA adalah ....
Kunci Jawaban: A. guanin, adenin, urasil, dan sitosin
Pembahasan: RNA tidak memiliki basa nitrogen timin. Timin pada RNA digantikan oleh urasil.

7. Berikut merupakan tahap-tahap mitosis adalah ....

Kunci Jawaban: C. profase – metafase – anafase – telofase
Pembahsan:
- Profase: fase dimana benang kromatin terkondensasi (menebal dan memendek) menjadi kromosom, benang spindle mulai dibentuk oleh sentrosom, dan membran inti terdisintegrasi sehingga tampak menghilang.
- Metafase: sentrosom berada pada kutub yang berseberangan, kromosom berjajar pada bidang ekuator sel dan benang spindel menempel pada kromosom (kinetokor). Benang spindel yang tidak menempel pada kromosom akan melekat dengan benang spindel (non kinetokor) di seberangnya untuk mendorong saat anafase.
- Anafase: sentrosom akan menjauh akibat benang spindel non kinetokor mendorong satu sama lain dan benang spindel kinetokor menarik lengan kromosom sehingga kromosom terpisah ke kutub yang berlawanan.
- Telofase:  kromosom mengalami dekondensasi dan kembali menjadi benang kromatin, membran inti mulai terbentuk kembali, benang spindel menghilang, dan terbentuk alur pembelahan sel.

Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12


8. Pada prinsipnya glikolisis adalah reaksi pengubahan senyawa glukosa menjadi asam piruvat. Dalam peristiwa tersebut juga dihasilkan ....

Kunci Jawaban: C. NADH dan ATP
Pembahasan: Dari proses glikolisis, dihasilkan 2 molekul asam piruvat, 2 molekul ATP, dan 2 molekul NADH.

9. Hasil akhir dari lintasan glikolisis menghasilkan molekul ....

Kunci Jawaban: E. Asam piruvat
Pembahasan: Dari proses glikolisis, dihasilkan 2 molekul asam piruvat, 2 molekul ATP, dan 2 molekul NADH.

10. Di dalam sistem pencernaan, karbohidrat mengalami degradasi dengan bantuan enzim, seperti enzim amilase, yaitu menguraikan ....

Kunci Jawaban: A. molekul amilum (pati) menjadi maltosa
Pembahasan: Enzim amilase mengubah amilum (karbohidrat polisakarida kompleks) menjadi maltosa (karbohidrat disakarida sederhana).

11. Berikut ini basa nitrogen yang menyusun RNA, kecuali ....

Kunci Jawaban: e. deoksiribosa
Pembahasan:
- Gugus gula yang menyusun RNA adalah gula ribosa. Gula deoksiribosa adalah gugus gula penyusun DNA.
- Adenin, sitosin, guanin, dan urasil adalah basa nitrogen penyusun RNA.  

12. Pembelahan mitosis berlangsung 4 fase, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Peristiwa sitokinesis terjadi pada fase ....

Kunci Jawaban: B. Telofase
Pembahasan: Sitokinesis (“sito” berarti “sel” dan “kinesis” berarti “pergerakan”) adalah pergerakan sel yang terjadi pada akhir pembelahan sel setelah telofase. Sitokinesis menghasilkan 2 sel anakan hasil mitosis.

13. Berikut ini merupakan tahapan sintesis protein.
1) mRNA keluar inti menuju ribosom di dalam sitoplasma
2) tRNA membawa asam-asam amino menuju mRNA di ribosom
3) mRNA dibentuk dalam inti sel oleh DNA
4) mRNA bergabung dengan ribosom
5) terbentuk rantai polipeptida yang dikehendaki
Urutan sintesis protein yang benar adalah ....

Kunci Jawaban: a. 3 – 1 – 4 – 2 – 5
Pembahasan: Sintesis protein dimulai dengan proses transkripsi yaitu pembentukan rantai mRNA dari rantai DNA di dalam inti sel. Kemudian mRNA akan menuju kompleks ribosom melalui sitoplasma. mRNA akan bergabung dengan ribosom sedangkan tRNA membawa asam amino sesuai urutan kodon pada mRNA (translasi). Kumpulan asam amino yang telah disusun akan keluar dari kompleks ribosom dalam bentuk rantai polipeptida.
Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12


14. Jika diketahui gen M = bunga merah intermediet terhadap gen m =bunga putih. Sedangkan gen T = batang tinggi intermediet terhadap gen t = batang rendah. Induk dengan genotipe MmTt disilangkan sesamanya dan dari persilangan tersebut dihasilkan 272 batang tanaman, maka tanaman yang berbunga merah berbatang tinggi sebanyak....

Kunci Jawaban: d. 17 batang
Pembahasan:
MmTt >< MmTt
(bunga merah muda, batang sedang) >< (bunga merah muda, batang sedang)
Gamet: MT, Mt, mT, mt >< MT, Mt, mT, mt

Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12


15. Jika seorang wanita bergolongan darah A heterozigot dan carier hemofilia menikah dengan lakilaki bergolongan darah B heterozigot dan normal, kemungkinan menghasilkan anak laki-laki bergolongan darah O dan hemofilia adalah ....
            
Kunci Jawaban: c. 6,25 %
Pembahasan:
IAIO XHXh >< IBIO XHY
Gamet: IAXH, IAXh, IOXH, IOXh >< IBXH, IBY, IOXH, IOY
Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12


16. Jika seseorang memiliki ciri wajah bulat, mulut sering terbuka, dan IQ rendah, maka orang tersebut mengidap sindrom ....

Kunci Jawaban: a. Down
Pembahasan:
- Klinefelter: Dialami oleh laki-laki akibat mutasi kromosom kelamin (gonosom) sehingga jumlah kromosomnya 47 dengan susunan gonosom XXY. Ditandai dengan rambut badan tidak tumbuh, payudara tumbuh, testis mengecil, tinggi badan tidak normal, dan individunya steril (mandul).
- Turner: Dialami perempuan akibat mutasi gonosom berupa kehilangan 1 kromosom X sehingga jumlahnya 45 dengan susunan XO. Ditandai dengan postur tubuh pendek, kaki membentuk X, mengalami keterbelakangan mental, tonjolan daging pada leher, tidak memiliki uterus, kelenjar reproduksi tidak berfungsi baik, dan organ reproduksi terlambat berkembang.
- Edwards: Dialami baik laki-laki maupun perempuan akibat penggandaan kromosom nomor 18 sehingga jumlah kromosomnya 47. Ditandai dengan bentuk tengkorak lonjong, ukuran mulut kecil, letak telinga lebih bawah dibanding individu normal, dan biasanya hanya mampu hidup sampai usia 6 bulan.
- Patau: Dialami baik laki-laki maupun perempuan akibat penggandaan kromosom nomor 13 sehingga jumlah kromosomnya 47. Memiliki ciri-ciri plidaktili (jari banyak), ukuran otak kecil, celah pada bibr, lemah jantung, kelainan usus, mengalami keterbelakangan mental, dan rata-rata hanya mampu hidup sampai usia 3 bulan.

17. Peristiwa yang terjadi pada percobaan Nelson Ehle terhadap gandum biji merah dan biji putih diperoleh F2 dengan rasio fenotipe 15 merah : 1 putih. Peristiwa ini disebut ….

Kunci Jawaban: A. Polimeri
Pembahasan:
- Polimeri merupakan interaksi antargen yang saling menguatkan sifatnya. Gen-gen tersebut saling mempengaruhi dan menghasilkan keturunan yang sama. Gen dominan homozigot dan heterozigot akan menghasilkan fenotipe yang sama sedangkan gen homozigot resesif menghasilkan fenotipe yang berbeda.
- Kriptomeri merupakan interaksi antargen dimana tersembunyinya sifat gen dominan jika tidak berpasangan dengan gen dominan lainnya. Misalnya terbentuknya bunga ungu, merah, dan putih pada Linaria maroccana.
- Epistasis-hipostasis adalah interaksi antargen ketika gen dominan menutupi sifat gen dominan lain yang bukan alelnya. Gen yang menutupi disebut epistasis, sedangkan gen yang ditutupi disebut hipostasis.
- Asortasi atau biasa disebut Hukum Mendel II menyatakan bahwa jika dua individu yang memiliki dua atau lebih sifat, maka sifat tersebut diturunkan berpasangan secara bebas.

18. Kebalikan dari homologi sebagai petunjuk bukti adanya evolusi adalah analogi. Analogi terhadap anggota-anggota tubuh dari makhluk hidup berikut ini adalah ….

Kunci Jawaban: b. sayap burung dengan sayap kupu-kupu
Pembahasan:
- Homologi merupakan organ tertentu yang memiliki struktur sama namun fungsinya berbeda. Misalnya tangan manusia dengan sirip paus.
- Analogi adalah organ yang memiliki struktur berbeda namun fungsinya sama. Misalnya sayap burung dengan sayap kelelawar atau kupu-kupu.

Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas 12


19. Pernyataan yang tidak mendukung bahwa perwujudan mutasi yang menguntungkan sangat kecil walaupun mutasi merupakan mekanisme evolusi adalah ....

Kunci Jawaban: d. jumlah populasi banyak sekali
Pembahasan: Perkawinan antarspesies hanya terjadi dalam satu populasi dan tidak berpengaruh pada populasi lainnya maupun jumlah populasi dalam suatu komunitas.

20. Apabila dua spesies simpatrik tidak mampu melakukan interhibridisasi karena terpisahkan tempat yang berjauhan, maka keduanya mengalami isolasi ….

Kunci Jawaban: b. Geografis

Pembahasan:
- Isolasi Reproduksi merupakan ketidakmampuan dua individu yang asal usulnya sama melakukan interhibridisasi akibat perubahan yang membuat organ reproduksinya berbeda.
- Isolasi Gamet merupakan terhalangnya fertilisasi akibat perbedaan susunan kimiawi dan molekul pada kedua sel gamet.
- Isolasi Perilaku merupakan ketidakmampuan dua spesies melakukan perkawinan akibat perbedaan tingkah laku yang dilakukan saat kawin.   

21. Manakah yang merupakan homolog ....

Kunci Jawaban: c. tangan manusia dengan sirip dada ikan paus
Pembahasan:
- Homologi merupakan organ tertentu yang memiliki struktur sama namun fungsinya berbeda. Misalnya tangan manusia dengan sirip paus.
- Analogi adalah organ yang memiliki struktur berbeda namun fungsinya sama. Misalnya sayap burung dengan sayap kelelawar atau kupu-kupu.

22. Mutasi gen dapat berarti perubahan pada ....

Kunci Jawaban: d. letak nukleotida dalam gen
Pembahasan: Mutasi gen atau mutasi titik merupakan mutasi berupa perubahan urutan basa nitrogen pada DNA sehingga polipeptida yang dihasilkan saat sintesis protein berbeda. Perubahan protein yang disintesis berakibat pada perubahan fenotipe.

23. Antibodi monoklonal diproduksi menggunakan ....

Kunci Jawaban: a. teknik hibridoma

Pembahasan: Antibodi monoklonal merupakan antibodi yang merespon pada satu antigen spesifik. Antibodi monoklonal dapat dibuat dengan menggabungkan sel limfosit B dengan sel tumor atau sel kanker. Sel tersebut kemudian dinamakan sel hibridoma.

24. Berikut adalah beberapa mikroorganisme yang berperan dalam bioteknologi bidang pengolahan pangan. Bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi susu dalam pembuatan yoghurt adalah ....

Kunci Jawaban: e. Lactobacillus bulgaricus
Pembahasan:
- Lactobacillus bulgaricus menguraikan laktosa dalam susu menjadi asam laktat sehingga rasa yoghurt asam.
- Escherichia coli merupakan bakteri alami dalam usus. Namun, jika Escherichia coli asing dari luar tubuh masuk ke dalam saluran pencernaan maka berpotensi mengakibatkan pernyakit diare.
- Staphylococcus merupakan bakteri gram positif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh.
- Acetobacter xyllinum merupakan bakteri yang mampu melakukan fermentasi asam asetat (cuka). Bakteri ini mengurai alkohol menjadi cuka.
- Penicillium notatum merupakan fungi (jamur) yang digunakan sebagai antibiotik.

25. Bioteknologi melalui rekayasa genetika berhasil memodifikasi bakteri yang dapat menambat N dan mampu melekat pada akar tanaman selain polongan. Bakteri yang dimaksuddkan adalah ....

Kunci Jawaban: a. Rhizobium
Pembahasan: Bakteri Rhizobium biasanya ditemukan pada akar tanaman polong-polongan yang ditandai dengan adanya nodul akar. Bakteri ini mampu menambat nitrogen dan menjadi penyedia nitrogen bagi tumbuhan yang ditempatinya. Inovasi melalui rekayasa genetika memungkinkan Rhizobium hidup pada tumbuhan selain polong-polongan. Hal tersebut akan mengurangi pemakaian pupuk nitrogen kimia yang sering menyebabkan masalah lingkungan.
Previous
Next Post »