5 Jenis Bidang Produksi dalam Ekonomi

Jenis Bidang Produksi dalam Ekonomi

Pada artikel sebelumnya tentang perilaku produsen dalam ekonomi telah dijelaskan kegiatan produksi adalah kegiatan yang menambah nilai guna barang. Kegiatan produksi tersebut ada bermacam-macam jenisnya.

Kegiatan produksi dapat dikelompokkan menjadi berikut.

 1. Produksi bidang Ekstraktif

Produksi bidang ekstraktif adalah kegiatan produksi yang mengambil kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa mengubah sifat maupun bentuk barangnya. Produksi ekstraktif terbatas sampai pengambilan hasil dari alam. Pengolahan dari hasil alam tersebut tidak termasuk dari produksi ekstraktif

Contoh produksi bidang ekstraktif:

- Penambangan minyak bumi

- Penambangan gas alam

- Penambangan emas

- Penambangan batu bara

 

2. Produksi Bidang Agraris

Produksi bidang agraris adalah kegiatan produksi yang mengolah sumber daya alam terlebih dahulu untuk menghasilkan barang baru. Produksi bidang agraris berhubungan dengan tumbuhan dan hewan.

Contoh produksi bidang agraris:

- Perkebunan kelapa sawit

- Peternakan sapi

- Peternakan ayam

 

3. Produksi bidang Industri

Produksi bidang industri adalah kegiatan produksi  yang mengolah bahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi.  AdaIndustri banyak sekali jenisnya dan dapat dikelompokan menjadi berbagai macam.

Contoh produksi bidang industri:

- Industri tekstil

- Industri makanan

- Industri sepeda motor,

- Industri mobil,

- Industri obat-obatan.

 

5. Produksi Bidang Jasa

Produksi bidang perdagangan adalah kegiatan produksi yang menghasilkan produk yang tidak berwujud tetapi manfaatnya dapat dirasakan.

Contoh produksi bidang jasa: konsultan keuangan, dokter, dan tukang cukur.

 

5. Produksi Bidang Perdagangan

Produksi bidang perdagangan adalah kegiatan produksi yang berhubungan dengan penyaluran hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Berbeda dengan bidang industri yang melakukan pengolahan terlebih dahulu, pada bidang perdagangan barang dibeli kemudian dijual kembali tanpa dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Contoh Produksi bidang perdagangan adalah ritel.


Jangan lupa like, share and comment ya jika artikel diatas bermanfaat!
Previous
Next Post »