Penjelasan Singkat Tentang Sistem Ekonomi


Pengertian Sistem Ekonomi

Pada artikel tentang kelangkaan telah dibahas mengenai permasalahan ekonomi yang timbul karena kebutuhan yang tidak terbatas sementara alat pemuas kebutuhan terbatas jumlahnya. Selanjutnya pada artikel tentang masalah pokok ekonomi dibahas bahwa permasalahan pokok ekonomi terkait dengan mencari jawaban tiga pertanyaan what, how, dan for whom. Jawaban terhadap ketiga pertanyaan tersebut diatur dalam sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara.
 
Penjelasan Singkat Tentang Sistem Ekonomi
(sumber gambar: freepik.com)
Sistem ekonomi dapat diartikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.(McEachern, 2000 : 35)

Selain itu ada pengertian lain dari sistem ekonomi yaitu:
Sistem ekonomi merupakan sekumpulan unsur-unsur yang terdiri atas unit-unit dan lembaga-lembaga ekonomi yang saling berhubungan dan berinteraksi, saling menopang, dan memengaruh

Sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala aktivitas ekonomi dalam masyarakat baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu dalam rangka mencapai kemakmuran atau kesejahteraan.

Pengambilan keputusan dalam sistem perekonomian berkaitan dengan:
a. Siapa yang menentukan apa dan berapa yang harus dihasilkan, bagaimana menghasilkannya, dan untuk siapa dihasilkan? Ini artinya menentukan pilihan atau urutan prioritas komposisi barang dan jasa yang dihasilkan dengan sumber-sumber daya yang tersedia serta alokasi sumber-sumber daya yang langka secara efisien.
b. Siapa yang memiliki atau menguasai sumber-sumber daya dan faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat untuk menghasilkan apa yang dibutuhkan apakah oleh negara, swasta, partai, atau perorangan? Hal ini menyangkut pembagian produk nasional yang adil dan merata.
c. Siapa yang mengorganisasi atau mengoordinasi kegiatan untuk menghasilkan kebutuhan masyarakat. Apakah berdasarkan tradisi, mekanisme pasar, atau berdasarkan komando pemerintah?
d. Siapa yang menyalurkan, mendistribusikan atau menjual apa yang dihasilkan dan kepada siapa? Ini menyangkut alokasi sumber daya.
e. Siapa yang membeli, menyimpan, dan memakai apa dan berapa banyak dari yang dihasilkan itu? Ini menyangkut hak-hak warga masyarakat sebagai konsumen.

Fungsi Sistem Ekonomi
Sistem ekonomi yang ada mempunyai fungsi dalam perekonomian, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Menyediakan perangsang untuk berproduksi.
b. Menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
c. Menyediakan mekanisme tertentu agar pembagian hasil produksi di antara anggota masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Kriteria Sistem Ekonomi
Setiap negara pasti menginginkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan stabil. Agar hal tersebut dapat terwujud maka harus memiliki sistem perekonmian yang baik. Berikut kriteria-kriteria yang dimiliki apabila suatu sistem ekonomi dapat dikatakan relatif baik:
a. Apakah sistem ekonomi yang bersangkutan memberikan kemungkinan untuk mencapai standar kehidupan yang tinggi?
b. Apakah memungkinkan bagi suatu pertumbuhan ekonomi yang stabil?
c. Apakah sistem ekonomi tersebut menghormati kebebasan ekonomi para individu
secara wajar?
d. Apakah sistem perekonomian tersebut memberikan kepastian ekonomi bagi seluruh anggota masyarakat?
e. Apakah sistem ekonomi tersebut menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen?
f. Apakah sistem ekonomi tersebut menunjukan adanya pembagian pendapatan yang memadai?

Sistem ekonomi dalam perekonomian suatu negara dapat dibedakan menjadi tiga macamsistem ekonomi, yaitu sistem ekonomi perencanaan terpusat (governmentplanned economy), sistem ekonomi pasar (market system), dansistem ekonomi campuran (mixed economy system). Di negara manapun tidak ada sistem ekonomi yang secara mutlak lebih baik daripada sistem ekonomi lainnya. Masing-masing sistem ekonomi memiliki kelebihan dan kelemahan.
Previous
Next Post »