Apa Perbedaan Sistem Ekonomi Terpusat, Pasar, dan Campuran?


3 Macam Sistem Ekonomi yang Ada di Dunia

Sistemperekonomian dapat dibagi menjadi 3 yaitu sistem ekonomi terpusat, sistem ekonomi pasar, dan sistem ekonomi campuran. Pembagian sistem ekonomi tersebut didasarkan pada ada tidaknya campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi. Berikut penjelasan untuk masing-masing sistem ekonomi.
Apa Perbedaan Sistem Ekonomi Terpusat, Pasar, dan Campuran?
(sumber ilustrasi : freepik.com)


1. Sistem Ekonomi Terpusat

Sistem ekonomi terpusat disebut juga sistem ekonomi sentral atau komando. Sistem ekonomi terpusat diartikan sebagai suatu sistem dengan kendali yang ketat berada di pihak pemerintahan dalam menentukan kepemilikan bisnis, laba, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sistem ekonomi terpusat adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memegang peranan paling penting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi. Dominasi dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota masyarakat.
Dalam sistem ekonomi terpusat semua kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi, dan distribusi) direncanakan serta diatur oleh pemerintah, sehingga corak dan jenis kegiatan yang ada di negara tersebut ditentukan oleh pemerintah juga. Semua sumber daya yang ada, termasuk sumber daya manusia, merupakan milik pemerintah yang akan digunakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Dalam sistem ekonomi terpusat, peran swasta tidak menonjol, karena produsen baik rumah tangga, perusahaan, maupun industri hanya sebagai pelaksana rencana pemerintah.
Pemerintah yang mengambil keputusan atas sebagian besar masalah pokok ekonomi tentang apa yang harus diproduksi, bagaimana memproduksinya, dan siapa yang mengonsumsinya.
Jadi dengan demikian, dalam perekonomian terpusat, pemerintah merupakan pemegang pengambilan keputusan secara sentral yang menjawab masalah-masalah ekonomi utama melalui kepemilikan dan penguasaan atas sumber daya ekonomi melalui kekuasaan untuk mengambil dan memaksakan keputusan kepada anggota masyarakatnya.

Ciri-ciri sistem ekonomi terpusat adalah sebagai berikut.
a. Semua sumber daya ekonomi dikuasai negara atas nama rakyat.
b. Seluruh kegiatan produksi diusahakan bersama.
c. Harga dan penyaluran barang ditentukan dan dikendalikan oleh negara.
d. Jenis pekerjaan dan pembagian kerja diatur oleh pemerintah.
e. Tidak ada pihak swasta yang dapat melakukan kegiatan ekonomi secara bebas.

Kelebihan sistem ekonomi terpust sebagai berikut.
a. Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomian.
b. Pemerintah dapat menentukan jenis-jenis industri atau produksi.
c. Pemerintah mudah melaksanakan pengendalian dan pengawasan harga.
d. Pemerintah dapat mengatur distribusi barang-barang produksi.
e. Perekonomian relatif stabil dan jarang terjadi krisis.
f. Adanya pemerataan penerimaan pendapatan.

Keburukan sistem ekonomi terpusat adalah sebagai berikut.
a. Tidak adanya hak milik perseorangan.
b. Potensi dan kreativitas masyarakat tidak berkembang.
c. Ketidakefisienan dalam ekonomi

2. Sistem Ekonomi Pasar (Market Economy System)

sistem ekonomi pasar memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan dan mengatur sendiri kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Campur tangan pemerintah dalam dalam sistem ekonomi pasar sangat terbatas. Suatu kondisi di mana pemerintah benar-benar lepas tangan dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam istilah ekonomi disebut laissez-faire.
Dalam sistem perekonomian pasar keputusan mengenai masalah-masalah ekonomi yang utama merupakan hasil dari keputusan bebas yang dibuat oleh produsen dan konsumen perorangan. Dengan kata lain, masalah-masalah ekonomi yang utama tersebut diserahkan kepada pasar.
Oleh karena itu, sistem seperti ini dikenal sebagai ekonomi pasar bebas atau ekonomi pasar.
Sistem perekonomian pasar membebaskan produsen dan individu (perseorangan) membuat keputusan-keputusan utama mengenai produksi dan konsumsi. Produsen berusaha untuk menghasilkan berbagai produk yang dapat mendatangkan keuntungan sebesar mungkin (menjawab masalah apa), dengan teknik produksi yang seefisien mungkin(menjawab masalah bagaimana). Di pihak lain, individu membuat keputusan tentang konsumsi, yaitu keputusan yang menyangkut bagaimana individu membelanjakan upah dan pendapatannya (menjawab masalah untuk siapa).

Adapun ciri-ciri sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut.
a. Faktor produksi dikuasai dan dikelola oleh individu.
b. Orang bebas memilih lapangan pekerjaan dan bidang usaha sendiri.
c. Para produsen bebas menentukan apa dan berapa yang akan diproduksi
d. Ada persaingan antar pengusaha.
e. Minimnya peran pemerintah dalam perekonmian

Kelebihan sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut.
a. Setiap individu bebas mengatur perekonomian.
b. Setiap individu bebas memiliki alat-alat produksi.
c. Adanya persaingan yang meningkatkan motivasi kerja, inovasi, dan produktivitas kerja.
d. Produksi berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat.
e. Efisiensi dan efektivitas tinggi, karena tindakannya selalu
didasarkan pada prinsip ekonomi.

Keburukan sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut.
a. Menimbulkan eksploitasi.
b. Menimbulkan monopoli.
c. Tidak ada pemerataan pendapatan.
d. Terjadinya ketidakstabilan ekonomi.
e. Timbulnya praktik yang tidak jujur yang didasari mengejar keuntungan yang

3. Sistem Ekonomi Campuran

Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah dan swasta mempunyai peranan yang berimbang dalam kegiatan ekonomi. Dalam sistem ini pemerintah dapat mengatur, mengawasi, menstabilkan, dan memajukan ekonomi nasional secara keseluruhan dengan cara mendorong dan membimbing inisiatif swasta dan prakarsa rakyat. Pada umumnya campur tangan pemerintah dalam perekonomian melalui kebijakan fiskal dan moneter
Adapun tujuan campur tangan pemerintah dalam ekonomi adalah untuk menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat terhadap sumber daya ekonomi. Jadi, sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem organisasi ekonomi yang ditandai dengan keikutsertaan pemerintah dalam menentukan cara-cara mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat.
Intervensi pemerintah dalam perekonomian campuran memiliki tingkat yang berbeda-beda. Sistem ekonomi yang campur tangannya lemah berarti mendekati sistem ekonomi pasar, sedangkan yang kuat mendekati sistem ekonomi terpusat.

Campur tangan pemerintah dalam perekonomian dapat dilakukan dalam bentuk:
a. Membuat peraturan atau undang-undang yang mengatur dan mengawasi
kegiatan ekonomi masyarakat.
b. Mendirikan perusahaan-perusahaan negara yang kegiatannya hampir sama dengan
kegiatan usaha swasta, yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak.
c. Pemerintah menetapkan berbagai kebijakan-kebijakan dalam bidang perekonomian.

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran adalah sebagai berikut.
a. Gabungan dari sistem ekonomi terpusat dan sistem pasar.
b. Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai langsung oleh pemerintah.
c. Pemerintah melakukan intervensi dengan cara membuat peraturan, menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan sektor swasta.
d. Peran pemerintah dan swasta dalam perekonomian berimbang.

Pembagian sistem perekonomian menjadi perekonomian pasar, sistem perekonomian komando, dan sistem perekonomian campuran dimaksudkan untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar dalam sistem perekonomian. Dalam faktanya di dunia ini, tidak ada satu pun negara yang melaksanakan satu sistem perekonomian secara murni.
Saat ini semua negara menjalankan perekonomian campuran. Sistem ini dijalankan sangat bervariasi bergantung pada perpaduan antara sektor yang satu dan sektor yang lain. Jadi jika suatu negara memiliki sistem ekonomi campuran yang lebih menekankan pada pripsip ekonomi terpusat maka sering dikatakan negara tersebut menerapkan sistem ekonomi terpusat. Begitu juga sebaliknya, jika lebih menekankan pada prinsip ekonomi pasar maka dapat disebut menggunakan sistem ekonomi pasar.

Semoga materi tentang jenis sistem perekonomian di dunia ini dapat membantu anda
Jangan lupa like, comment, and share ya jika artikel ini bermanfaat!
Previous
Next Post »