Penggunaan Laser Dalam Kehidupan Sehari-hari

Laser

     Laser merupakan sumber cahaya yang memiliki sifat khusus, seperti yang telah dijelaskan pada artikel bagimana prinsip kerja laser. Sejak awal ditemukannnya, laser mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini laser telah banyak diterapkan diberbagai bidang. Berikut beberapa contoh penerapan laser dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dunia medis

     Laser dapat digunakan sebagai pisau pemotong saat operasi sekaligus  cauterizing. Cauterizing  adalah teknik membakar jaringan tubuh yang dipotong untuk meminimalisir terjadinya pendarahan. Cauterizing penting dilakukan untuk operasi pembedahan pada jaringan yang kaya akan darah seperti hati. Penghilangan tato juga dapat dilakukan dengan bantuan sinar laser.
Prosedur laser tertentu dapat mengurangi kebutaan pada pasien dengan glaukoma dan diabetes.  Laser juga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada retina dengan cara photocoagulation. Di dunia medis, laser juga dapat digunakan untuk mengubah bentuk kornea mata pada penderita rabun jauh, akibatnya titik fokus mata berubah dan ketergantungan terhadap kacamata pun dapat dikurangi. Operasi mata atau perbaikan penglihatan dengan bantuan laser biasa disebut dengan LASIK(Laser-assisted in situ keratomileusis).
Penggunaan laser dalam dunia medis
Penggunaan laser dalam dunia medis (sumber: Azom.com)

Selain terapi, laser juga dapat digunakan untuk diagnosis. Contohnya adalah laser microscopyLaser microscopy adalah sebuah teknik untuk menghasilkan gambar beresolusi tinggi melalui pemindaian objek dengan laser.

2. Pengelasan dan pemotongan

          Laser dengan energi tinggi yang difokuskan pada titik yang kecil dapat digunakan untuk mengelas dan memotong logam. Laser karbon dioksida(CO2) yang dikontrol melalui komputer digunakan untuk pengelasan pada perakitan mobil. Penerapan laser karbon dioksida dapat melakukan pengelasan tertentu yang sulit dilakukan oleh pengelasan konvensional, seperti pengelasan baja pada tembaga.  Pengelasan dengan laser berlansung cepat sehingga perbedaan konduktivitas termal yang besar antara baja dan tembaga tidak begitu berpengaruh.
proses pengelasan dengan laser
Proses pengelasan dengan laser (sumber: emag.com)

     Pada industri pakaian, laser digunakan untuk memotong pakaian. Ratusan lapis pakaian dapat dipotong dengan laser sekaligus. Laser untuk pemotongan memfokuskan sinar pada titik yang kecil dengan energi yang sangat tinggi.

 3. Pengukuran Jarak

          Laser Helium-neon dan laser semikondutor banyak digunakan pada alat surveyor lapangan. Denyutan sinar laser di pantulkan pada reflektor yang ditempatkan pada tempat yang ingin diukur. Jarak antara kedua tempat didapat dengan cara mengukur waktu pemantulan. Bahkan jarak antara bumi dan bulan juga dapat ditentukan dengan memanfaatkan sinar laser. Dengan sinar laser kita dapat mengukur jarak antara bumi dan bulan dengan ketelitian kurang dari 10 cm, sangat presisi bukan.
penggunaan laser sebagai alat ukur
Laser sebagai alat ukur (sumber: toolguyd.com)


4. Komunikasi

          Komunikasi serat optik kebanyakan menggunakan sinar laser dalam serat gelas optik.  Serat kaca optik (optical glass fibers) adalah semacam kabel yang terbuat dari serat kaca dan digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari suatu tempat ke tempat lain. Komunikasi serat optik digunakan untuk transmisi  data optik jarak jauh.
serat kaca optis
serat kaca optis (sumber: physics for scientists and engineers)

Laser daya tinggi digunakan pada komunikasi optis ruang bebas(free space optical communication). Komunikasi optis ruang bebas adalah komunikasi optis yang menggunakan perambatan cahaya dalam ruang bebas(terbuka) untuk mengirimkan data tanpa menggunakan kabel. Contoh komunikasi optis ruang bebas adalah komunikasi antar satelit.
komunikasi optis ruang bebas
Laser dalam komunikasi antar satelit (mynaric.com)

 5. Pemindai kode batang (bar code scanner)

          Pemindaian kode batang dapat dilakukan dengan laser. Prosesnya, sinar laser mengenai kode batang kemudian memantulkan sinar yang termodulasi ke pendeteksi cahaya, dan kemudian masuk ke komputer. Pemindai kode batang dengan laser dapat dijumpai di supermarket-supermarket.
Laser pada Pemindai kode batang
Laser sebagai pemindai kode batang (indiamart.com)


 
6. Penyimpanan data


     Laser juga diaplikasikan pada alat penyimpanan data. Contoh alat penyimpan data yang menggunakan prinsip laser adalah CD, DVD, dan Blue-ray discs.
penggunaan laser pada penyimpanan data
Cakram Blue ray (sumber: variety.com)

Previous
Next Post »