Fungsi dan Struktur Penting Membran Sel (Membran Plasma)

Membran Sel (Membran Plasma)

Myrightspot.com-Membran sel adalah bagian luar sel yang membungkus organel-organel di dalam sel. Membran sel atau juga dapat disebut dengan Membran plasma ini membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan luar. Jika membran sel menutupi seluruh bagian sel, kemudian bagaimana cara zat-zat keluar masuk ke dalam sel?
Membran sel merupakan selaput yang bersifat selektif permeabel, maksudnya tidak semua jenis zat dapat melewati membran sel dan hanya molekul-molekul tertentu saja yang dapat melaluinya, seperti glukosa, asam amino, gliserol, dan berbagai ion. Baik itu sel-sel bakteri, hewan, atau tumbuhan semuanya memiliki membran plasama. Pada bakteri dan hewan membran sel ada pada lapisan paling luar, sedang pada tumbuhan membran sel dilindungi oleh dinding sel.
Perbadingan sel bakteri, hewan, dan tumbuhan
Perbadingan sel bakteri, hewan, dan tumbuhan(sumber: britannica.com)


Fungsi membran sel

Membran sel mempunyai fungsi yang vital bagi sel. Beberapa fungsi membran sel adalah sebagai berikut.
a. Melindungi agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.
b. Mengontrol zat-zat yang boleh masuk maupun keluar meninggalkan sel.
c. Sebagai penerima rangsang dari luar.
d. Sebagai tempat terjadinya kegiatan biokimiawi.
e. Mengatur pertumbuhan sel melalui penyeimbangan endositosis dan eksositosis.
f. Membantu sel mempertahankan bentuknya.

Struktur Membran Sel

Sebagian besar membran sel terdiri atas lapisan protein dan lapisan lipid (lipoprotein). Perbandingan komposisi keduanya bergantung letak dan fungsi sel pada tubuh. Jumlah lipid antara 20-80% dari membran, sisanya protein. Lipid membantu memberikan fleksibilitas pada membran, sedang protein membantu perpindahan molekul melalui membran.

Gambar Struktur membran sel
Membran sel(sumber: britannica.com)
Lapisan lipid disusun oleh fosfolipid. Fosfolipid adalah lipid yang mengandung gugus fosfat dan terdiri atas bagian kepala (polar head) dan bagian ekor (nonpolar tail). Bagian kepala bersifat hidrofilik (suka air), sedangkan bagian ekor bersifat hidrofobik (tidak suka air). Fosfolipid membentuk lapisan lipid rangkap dua (lipid bilayer).
Gambar fosfolipid
Gambar fosfolipid(sumber: Iquiry Into Life, Mader, S.S)

 Lapisan protein membran sel terdiri atas glikoprotein. Lapisan protein membentuk dua macam lapisan, yaitu lapisan protein perifer atau ekstrinsik dan lapisan protein integral atau intrinsik. Lapisan protein perifer membungkus bagian kepala (polar head) lipid rangkap dua bagian luar. Lapisan protein integral membungkus bagian kepala (polar head) lipid rangkap dua bagian dalam.
Protein pada membran sel memiliki berbagai fungsi. Struktural protein membantu sel mempertahankan bentuknya. Protein reseptor pada membran sel mengatur komunikasi sel dengan lingkungan luar melalui hormon, neurotransmitter, dan molekul sinyal lainnya. Protein transport berfungsi mengangkut molekul melewati membran sel melalui difusi terbantu(facilitated diffusion).

Diatas merupakan Fungsi dan Struktur Membran Sel secara garis besar, untuk lebih detailnya maka akan menjadi cukup kompleks.


Jangan lupa like and share ya jika penjelasan diatas membantu anda!
Previous
Next Post »