Cara membangun kebiasaan belajar yang efektif

Myrightspot.com-Apakah anda termasuk orang yang malas belajar?
Belajar merupakan hal yang penting bagi para pelajar, meskipun sesungguhnya belajar adalah proses sepanjang hidup. Banyak siswa yang mengeluh akan materi yang sulit dipahami dan nilai yang kurang memuaskan.  Sebenernya hal tersebut dapat ditangani jika kita mau rajin belajar.
gambar orang belajar
(sumber: rsc.org)

Bagaimana membangun kebiasaan belajar yang efektif?
Kebiasaan belajar dapat dibentuk jika kita bersungguh-sungguh. Dengan cara yang tepat, kita dapat merubah diri kita yang malas belajar menjadi seorang yang rajin belajar. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membentuk kebiasaan belajar.

1. Rutin atau Teratur

     Langkah pertama dalam membangun kebiasaan belajar adalah dengan belajar secara rutin pada waktu yang sama. Bisa dipagi hari sebelum berangkat sekolah atau di malam hari. Misalnya jika ingin membentuk kebiasaan belajar pada malam hari, kamu dapat meluangkan waktu antara pukul 19.30-21.00. Atau juga bisa pukul 4.30-5.30 jika kamu ingin belajar di pagi hari. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan dirimu sendiri. Akan tetapi, untuk awal-awal sebaiknya jangan belajar terlalu lama. Sebagai permulaan, setengah atau satu jam saja tidak masalah. Lamanya waktu belajar dapat anda tingkatkan nanti setelah anda terbiasa. Yang terpenting adalah usahakan waktu tersebut tidak berubah atau mulai pada jam yang sama setiap harinya.
belajarlah secara teratur pada jam yang sama
(sumber: lifehack.org)

     Pada awalnya akan terasa sulit, tapi jika kamu dapat memaksakan diri untuk melakukannya maka lama-lama kamu akan terbiasa. Untuk membantu anda membiasakannya adalah dengan menggunakan pengingat. Anda dapat menggunakan alarm di smartphone, misalnya anda atur alarm pada jam 19.30 dengan notifikasi berbunyi “waktunya belajar”. Atau jika alarm tidak “mempan” terhadap anda, maka anda dapat minta tolong ke orang tua, misalnya: “Ma, bangunin ak jam setengah lima ya, aku mau belajar.”(orang tua anda pasti seneng dengernya).
Setelah terbiasa, anda tidak akan terlalu berpikir untuk belajar atau tidak. Jadi harapannya dengan belajar secara rutin mindset anda akan berubah dari “belajar ga ya hari ini?” menjadi “oh, udah jam segini. Ini saatnya aku belajar.”

2. Belajar di tempat yang nyaman

gambar meja yang rapi
(sumber: pinterest.com)
     Belajarlah di tempat yang kondusif untuk belajar. Rapikan dahulu meja belajar sebelum kamu mulai membuka buku. Pastikan ada penerangan pas di tempat anda belajar,  belajar di ruangan yang terlalu gelap dan terang tidap baik untuk mata. Tempat yang mendukung akan membuat kita nyaman dan membantu kita lebih fokus dalam belajar.

3. Hilangkan gangguan

     Pernahkah saat anda sedang belajar kemudian muncul notifikasi di hp kemudian anda justru fokus main hp? Kejadian semacam tersebut dapat mengurangi efektifitas belajar. Cara agar lebih fokus belajar adalah dengan menghilangkan gangguan yang dapat mucul selama anda belajar. Gangguan yang paling sering muncul saat kita belajar adalah dari hp.
hilangkan gangguan saat belajar
(sumber: fcw.com)

Jauhkan hp dari jangkauan anda, jangan lupa untuk di-silent. Walaupun terdengar sangat mudah, hal ini sulit dilakukan oleh kebanyakan remaja zaman sekarang. Kita sudah terlalu ketergantungan terhadap hp sehingga sulit untuk hidup tanpa hp, meskipun hanya sehari. Pernahkah anda berangkat ke sekolah atau pergi ke suatu tempat tapi smartphone anda tertinggal? Umumnya hal itu akan membuat anda tidak nyaman atau merasa gelisah, apa benar anda merasakannya?.  Kita sudah seharian memegang hp, tidak ada salahnya untuk AFS(away from smartphone) sebentar dan fokus dalam belajar.
Bagaimana jika belajar dengan menggunakan hp? Saat ini blajar dengan hp sudah menjadi hal yang biasa. Ketika ada yang tidak kita ketahui kita langsung searching di google. Untuk meminimalisir gangguan saat belajar menggunakan hp adalah dengan menonaktifkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang dapat mengganggu, contohnya: line, instagram, dan WhatsApp.
    

4. Istirahat berkala

     Harus disadari bahwa kita memiliki keterbatasan dalam menjaga konsentrasi belajar. Seperti fisik kita yang perlu istirahat, mental kita pun juga demikian. Belajar selama 90 menit dengan konsentrasi penuh akan melelahkan. Kenali batas diri anda sendiri, seberapa lama anda dapat menjaga konsentrasi secara maksimal. 
Beristirahatlah secara berkala
(sumber: anna-bownesspark.ca)

Jika sudah mulai tidak konsentrasi, istirahatkan diri anda sebentar kamudian lanjutkan lagi. Misalnya setiap 30 menit belajar, anda dapat beristirahat selama 5 menit. Ingat, kenali kemampuan diri anda. Terus asah kemampuan anda, sehingga anda dapat menjaga menjaga konsentrasi belajar lebih lama.

5. Reward

Beri hadiah setelah selesai belajar


     Apa yang dimaksud dengan reward disini? Maksudnya adalah dengan memberi diri anda hadiah sesuatu karena telah belajar. Apa fungsi dari reward ini? Reward disini bertujuan menjaga motivasi diri anda. Bayangkan anda belajar setiap hari kemudian tidak mendapat apa-apa. Hal tersebut ditakutkan dapat mengurangi semangat anda untuk belajar. Untuk itu sebaiknya beri diri anda reward setelah selesai belajar sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras anda. Bentuk hadiah yang diberikan dapat disesuaikan dengan apa yang anda sukai, tidak harus sesuatu yang mahal misalnya sepotong coklat.

Jangan lupa like and share ya jika artikel Cara membangun kebiasaan belajar yang efektif di atas bermanfaat bagi anda!

Previous
Next Post »