Apa penyebab Kelangkaan Sumber daya


Sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan sangat terbatas. Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis sumber daya ekonomi. Sumber daya ekonomi tersebut bersifat langka atau terbatas.

A. Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan tidak berarti segalanya sulit diperoleh. Kelangkaan menurut ilmu ekonomi mengandung dua pengertian, yaitu langka karena jumlahnya tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah kebutuhan dan langka karena untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan.
Kelangkaan dapat diartikan adanya ketidakseimbangan antara jumlah kebutuhan dengan sumber daya ekonomi yang ada. Kelangkaan terjadi disebabkan jumlah kebutuhan beragam dan terus meningkat, sementara itu jumlah sumber daya ekonomi (alat pemuas kebutuhan) sangat terbatas. Hukum Kelangkaan (The Law of Scarcity) menyatakan bahwa untuk memenuhi kebutuhan tertentu orang harus mengorbankan sesuatu yang lebih dahulu.
Jadi yang dimaksud dengan kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas.
Kelangkaan mencakup kuantitas, tempat, dan waktu. Kelangkaan barang/sumber daya itu dialami setiap orang, setiap bangsa dan oleh setiap negara. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda, pokok permasalahannya sama yaitu bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
Mengapa kelangkaan dapat terjadi?

B. Penyebab Kelangkaan Sumber Daya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan. Berikut beberapa faktor yang  terjadinya kelangkaan sumber daya:
1. Perbedaan Letak Geografis
Persebaran sumber daya alam di muka bumi ini tidak merata. Perbedaan ini menyebabkan kelangkaan sumber daya alam dan untuk mendapatkan sumber daya yang tidak terdapat di daerahnya diperlukan pengorbanan yang lebih besar.
Contohnya daerah yang sedikit sumber daya airnya maka harus membeli air untuk keperluan sehari-hari, sedang didaerah yang banyak airnya tidak perlu membelinya.
Apa penyebab Kelangkaan Sumber daya
Beberapa daerah sering mengalami kelangkaan air akibat musim kemarau
(Photo by Holger Link on Unsplash)

2. Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produksi akan menyebabkan kesenjangan antara kebutuhan manusia dibandingkan persediaan barang dan jasa.
3. Keterbatasan Kemampuan Produksi
Kemampuan faktor produksi dalam proses pembuatan barang dan jasa mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Contohnya tenaga kerja juga membutuhkan waktu istirahat dan mesin produksi juga memiliki kapasitas tertentu.
4. Perbedaan teknologi
Setiap negara memiliki Perkembangan teknologi yang berbeda-beda. Perbedaan teknologi ini akan berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah memproduksi suatu barang.
5. Bencana Alam
Bencana alam dapat menyebabkan rusaknya sumber daya yang ada di suatu daerah dan menyebabkan kelangkaan. Contohnya jika terjadi bencana tanah longsor yang kemudian memutus akses jalan ke suatu daerah. Daerah tersebut dapat mengalami kelangkaan karena pasokan sumber daya terganggu.
Walaupun dasarnya bencana alam merupakan faktor yang berada di luar dugaan manusia. Sering kali bencana alam terjadi karena ulah manusia yang kurang menjaga keseimbangan alam. Contohnya orang yang membuang sampah di sungai dapat menyebabkan banjir.

Dari keadaan kelangkaan ini maka timbulah masalah pokok dalam perekonomian yaitu jenis dan jumlah barang yang diproduksi, bagaimana cara memproduksinya dan untuk siapa barang itu diproduksi.
Previous
Next Post »