3 Macam Sumber Daya Untuk Memenuhi kebutuhan Hidup


Manusia dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada beberapa macam sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Umumnya sumber daya ekonomi dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal.

1. Sumber daya alam (SDA)

Sumber daya alam adalah segala yang ada di alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya alam merupakan faktor produksi yang langsung diperoleh dari alam seperti tanah dan cadangan mineral yang terdapat di dalamnya. Tanah dapat digunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan, mendirikan bangunan, sarana umum, dan sebagainya. Sedangkan cadangan mineral seperti besi, emas, batu bara dan minyak diolah menjadi bahan baku industri. Sumber daya lain yang termasuk faktor produksi alam misalnya kesuburan tanah, cuaca, curah hujan, udara, sinar matahari, dan air. Sumber daya alam akan membawa manfaat besar jika dikelola dengan baik. Contohnya negara Arab Saudi yang kaya karena banyak memiliki cadangan minyak. Meskipun demikian, jika sumber daya alam dieksploitasi secara tidak secara berlebihan juga dapat mendatangkan bencana yang besar juga.
Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resources). Apakah perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui?
sumber daya alam yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan atau mengganti diri melalui proses alami atau dengan campur tangan manusia dan manajemen yang tepat. Sumber daya alam yang dapat diperbarui tidak akan habis selama manusia masih mengembangbiakkan atau memperbaruinya.
Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah  tanaman dan hewan-hewan.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan atau mengganti diri baik dengan sendirinya atau dengan campur tangan manusia. Sumber daya alam ini terbentuk melalui proses alam selama jutaan tahun. Karena bukan buatan manusia, sumber daya ini tidak dapat diperbarui oleh manusia.  Contoh sumber daya alam yang tidak terbarukan yaitu bahan tambang dan minyak bumi.
Macam Sumber Daya Untuk Memenuhi kebutuhan Hidup
Bahan tambang merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui.
(sumber: unsplash.com)


2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam proses produksi. Wujud dari sumber daya manusia dalam proses produksi adalah segala usaha manusia yang dilakukan dalam proses peningkatan kegunaan ekonomi. Sumber daya manusia sering disebut tenaga kerja
Sumber daya manusia dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat apabila kemampuannya dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan negara-negara yang memiliki sumber daya alam yang kurang juga dapat menjadi negara maju jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Contoh negara yang dapat memiliki perekonomian baik meskipun sumber daya alam kurang adalah Jepang dan Singapura.

Berdasarkan tingkat keahlian dan pendidikannya, tenaga kerja dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, dan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih.
a. Tenaga Kerja yang Terdidik
Tenaga kerja terdidik memiliki pendidikan yang menjadi syarat untuk menekuni suatu tugas atau pekerjaan tertentu.
Contoh tenaga kerja terdidik adalah dokter dan pengacara.
b. Tenaga Kerja yang Terlatih
Tenaga kerja terlatih biasanya memiliki keterampilan tertentu yang diperolehnya dari pengalaman kerja atau dari pelatihan khusus. Contoh tenaga kerja yang terlatih adalah montir mobil dan tukang service smartphone.
c. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih
Tenaga kerja ini mengerjakan pekerjaan yang tidak membutuhkan pendidikan atau pengalaman praktik di lapangan. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih terkadang juga disebut tenaga kerja kasar. Contoh tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih petugas kebersihan dan kuli angkut.


3. Sumber daya modal

Sumber Daya Modal adalah segala yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal dapat meliputi uang, teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya.
Berikut macam-macam sumber daya modal.
a. Modal berdasarkan pemiliknya
1). Modal perseorangan
Modal Perseorangan adalah modal yang perseorangan.
Contoh modal perorangan bangunan milik pribadi dan kendaraan.
2). Modal masyarakat
Modal masyarakat adalah modal yang dimiliki oleh orang banyak dan digunakan untuk kepentingan orang banyak.
Contoh modal masyarakat adalah sarana dan prasarana umum.

b. Modal berdasarkan wujudnya
Berdasarkan wujudnya, modal dapat dibedakan sebagai berikut.
1). Modal konkret atau modal nyata
Modal konkret artinya modal yang jelas wujudnya. Modal konkret dapat diukur, dilihat, atau ditimbang . Contoh modal konkret adalah gedung, mesin, dan peralatan.
2). Modal abstrak  
modal abstrak adalah modal yang tidak terlihat, tetapi kegunaannya dapat dirasakan. Contoh modal abstrak adalah keterampilan, keahlian, dan nama baik perusahaan.

c. Modal menurut bentuknya
1). Modal Uang
Modal uang adalah uang yang digunakan untuk proses produksi. Contohnya adalah uang yang digunakan untuk membeli mesin.
2). Modal Barang
modal barang adalah modal yang berupa alat atau barang yang digunakan dalam proses produksi. contohnya mesin dan kendaraan.

d. Modal Berdasarkan Sumbernya
Berdasarkan sumbernya, modal dibedakan menjadi modal sendiri dan modal pinjaman
1). Modal Sendiri
Modal sendiri adalah modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Contohnya modal perusahaan yang diperoleh dari tabungan pribadi pemilik perusahaan.
2). Modal Pinjaman
Modal pinjaman adalah uang atau barang modal yang diperoleh dari pihak lain.
Contoh: modal usaha yang diperoleh dari pinjaman bank.

e. Modal Berdasarkan Sifatnya
Berdasarkan sifatnya, modal dibedakan menjadi modal lancar dan modal tetap
1). Modal Lancar
Modal lancar adalah modal atau berupa barang yang habis terpakai dalam satu kali proses produksi.
Contoh modal lancar adalah bahan baku dan bahan bakar mesin.
2). Modal Tetap
Modal tetap adalah barang-barang atau benda-benda yang dapat digunakan lebih dari satu kali pakai dalam proses produksi. Meskipun dapat dipakai berkali-kali, modal tetap dapat mengalami penurunan nilai sehingga suatu saat modal tetap ini juga perlu diganti. Sehingga perusahaan memerlukan penyediaan keuangan untuk penyusutan aktiva mereka. Penurunan nilai ini juga sering disebut dengan depresiasi. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung besarnya biaya depresiasi.
Contoh: mesin-mesin, gedung, dan peralatan lainnya sebagai penunjang produksi.

Previous
Next Post »