Cara Menghilangkan Kesadahan Air

Air Sadah
Myrightspot.com-Air sadah adalah Air yang mengandung ion Ca2+ atau Mg2+ dalam jumlah yang cukup banyak. Sedangkan air lunak adalah air yang hanya sedikit atau tidak mengandung ion Ca2+ atau Mg2+.  Air sering mengandung mineral yang terlarut, misalnya CaCl2, CaSO4, Ca(HCO3)2, MgSO4, Mg(HCO3)2dan lain-lain tergantung dari sumber airnya. Air sadah terutama disebabkan adanya Ca(HCO3)2 yang terlarut dalam air. Ion kalsium dan bikarbonat, antara lain berasal dari proses pelarutan batu kapur CaCO3 dalam lapisan tanah oleh air hujan yang mengandung sedikit asam.

reaksi antara batu kapur dan air hujan

Air yang menetes di dalam gua mengandung Ca(HCO3)2 yang terlarut dan CaCO3 yang tidak larut. CaCO3 yang tertinggal di langit-langit gua semakin bertambah panjang membentuk stalaktit dan air yang menetes membawa CaCO3 yang semakin menumpuk di dasar gua makin tinggi membentuk stalagmit. Air yang terus mengalir mengandung Ca(HCO3)2  terlarut merupakan air sadah. Untuk mengetahui kesadahan air dapat dilakukan dengan meneteskan air sabun terhadap contoh sampel air sampai terbentuk busa. Air sadah memerlukan lebih banyak air sabun untuk membentuk busa, sedangkan air lunak hanya membutuhkan sedikit air sabun untuk membentuk busa.

Macam Kesadahan Air
Kesadahan air dapat dibedakan menjadi kesadahan sementara dan kesadahan tetap.
a. Kesadahan Sementara
Suatu air sadah disebut memiliki kesadahan sementara bila kesadahan dapat hilang dengan dididihkan. Kesadahan sementara disebabkan garam-garam bikarbonat yaitu kalsium bikarbonat Ca(HCO3)2 dan magnesium bikarbonat Mg(HCO3)2. Ion Ca2+dan Mg2+ dari senyawa tersebut akan mengendap sebagai CaCO3 bila air sadah dididihkan.CaCO3 mengendap pada ketel menjadi lapisan kerak.

 Kesadahan sementara

b. Kesadahan Tetap
Air yang memiliki kesadahan tetap, kesadahannya tidak hilang meskipun dididihkan. Kesadahan tetap disebabkan garam-garam kalsium dan magnesium selain bikarbonat.
Contoh garam penyebab kesadahan tetap adalah CaCl2
Kerugian Penggunaan Air Sadah
Kerugian Penggunaan air sadah antara lain sebagai berikut:
1. Air sadah menggumpalkan sabun menyebabkan boros sabun.
2. Sabun yang menggumpal menjadi scum yang meninggalkan noda pada pakaian akibatnya pakaian menjadi kusam.
3. Menimbulkan kerak pada ketel, pipa air, dan pipa radiator. Kerak tersebut dapat menganggu penghantaran panas sehingga mengakibatkan boros bahan bakar selain itu kerak dapat menyumbat pipa air.

Cara Menghilangkan Kesadahan air
Cara menghilangkan kesadahan sementara
Kesadahan sementara dapat dihilangkan dengan mendidihkan air karena ion Ca2+ dan Mg2+ akan diendapkan sebagai CaCO3 atau MgCO3.

Cara Menghilangkan Kesadahan tetap dapat dilakukan dengan:
a. Menambahkan Na2CO3
Natrium karbonat Na2CO3 dapat menghilangkan kesadahan sementara dan kesadahan tetap karena ion-ion Ca2+ dan Mg2+ akan diendapkan sebagai CaCO3 dan MgCO3. Misalnya, air sadah tetap yang mengandung garam CaCl2, maka ion Ca2+ dari CaCl2 dapat diendapkan dengan menambahkan Na2CO3.

Cara Menghilangkan Kesadahan tetap


b. Dengan Resin Penukar Ion

Dalam proses penukaran ion, air sadah tetap dilewatkan melalui material seperti zeolit (natrium aluminium silikat) yang akan mengambil ion Ca2+ dan Mg2+ menggantikan ion Na+. Dengan demikian, diperoleh air lunak karena sudah tidak mengandung ion Ca2+ dan Mg2+.
Gambar alat penukar ion

Proses Pelunakan air

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
March 20, 2020 at 10:18 AM delete

Terima Kasih,,bermanfaat sekali.

Reply
avatar