7 Cara Mudah merawat dan menjaga Kesehatan Kulit


Setiap orang pasti ingin memilki kulit yang sehat dan segar. Apalagi untuk para wanita kulit yang halus menjadi sebuah kebutuhan. Dengan keadaan cuaca yang berubah-ubah seperti sekarang ini tentu dapat  mempengaruhi kesehatan kulit kita. Jika kita pandai menjaga kesehatan kulit maka kulit dapat menjadi kering dan kasar. Nah, agar kulit tetap bersih, segar, dan sehat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Berikut ini cara mudah merawat dan menjaga kesehatan kulit:
1. Menjaga Kesegaran Kulit dengan Air
Air sebagai medium pengangkut dan pembuang zatzat sisa. Selain diminum secara teratur, air dapat diperoleh dari sumber makanan yang mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan segar.
 
Cara mudah menjaga kesehatan kulit
Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit

2. Diet Seimbang
Semua zat gizi diperlukan tubuh. Akan tetapi, zat gizi yang sangat diperlukan oleh kulit yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan mineral.

3. Olahraga yang Cukup
Berolahraga secara teratur sesuai dengan kapasitas dapat merangsang sirkulasi, membantu menghilangkan stres, serta membuat tubuh sehat.
Cara menjaga kesehatan kulit
4. Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari
Sinar matahari, khususnya pada siang hari akan merusak serat elastin yang memberi kelenturan kulit. Juga dapat merusak kolagen yang membentuk dan menunjang jaringan kulit. Pancaran sinar matahari secara langsung pada siang hari dapat menyebabkan kulit lelah dan mengalami dehidrasi.

cara mudah merawat kulit

5. Menghindari Rokok
Kegiatan merokok dapat membuat kulit cepat tua. Hal ini karena sebatang rokok mengandung zat benzopyrene. Zat ini dapat menghabiskan vitamin C dalam tubuh. Habisnya vitamin C ini dapat menyebabkan kerutan pada kulit terutama pada wajah. Nah, coba Anda bayangkan apa yang terjadi pada orang yang kekurangan vitamin C tetapi dia perokok.

cara mudah merawat kulit

6. Menghindari Alkohol
Mengonsumsi alkohol dapat menghabiskan simpanan vitamin B dalam tubuh dan mengurangi cadangan vitamin C, sehingga alkohol ini dapat berakibat buruk bagi kulit.

cara mudah merawat kulit



7. Menghindari Stres

Stres dapat memicu gangguan tubuh, di antaranya kulit. Eksim merupakan satu contoh penyakit akibat stres kulit. Dengan meminimalkan stres, berarti telah mencegah bintik dan bercak pada kulit.
cara mudah merawat kulit
Previous
Next Post »