Soal Fisika SMA Kelas 11 Tentang Gas Ideal

Berikut ini Soal-soal Fisika Tentang Gas Ideal serta Pembahasannya

Kumpulan Soal Fisika SMA


1. Gas dalam ruang tertutup yang bervolume 75 liter dan suhu 27º C memiliki tekanan 2 atm. Tentukan jumlah mol gas yang berada dalam ruang tersebut!
Pembahasan:

Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 1


2. Suatu gas ideal sebanyak 6 liter memiliki tekanan 3,5 atmosfer dan suhu 27 oC. Tentukan tekanan gas tersebut jika suhunya 67 o C dan volumenya 2 liter!
Pembahasan:
Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 2

3. Diketahui sebuah tangki dengan kapasitas 800 liter berisi gas hidrogen pada tekanan 4 atm dan bersuhu 27o C. Tangki tersebut bocor sehingga tekanannya menjadi 2 atm. Hitunglah banyaknya gas hidrogen yang keluar?
Pembahasan:

Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 3

Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 3


4. Sebuah tangki yang volumenya 5000 liter mengandung 4 mol gas monoatomik. Jika energi kinetik rata-rata yang dimiliki setiap gas adalah 8,2 x 10-21 J, tentukan besar tekanan gas dalam tangki?
Pembahasan:

Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 4


5. Jika di angkasa luar terdapat kira-kira 1 atom hidrogen tiap cm3 dengan suhu 2,8 K. Diketahui bahwa massa atom hidrogen adalah 1 g/mol, tentukanlah kecepatan efektif dan tekanan udara pada tempat tersebut!
Pembahasan:

Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 5


6. Di dalam ruang tertutup terdapat gas yang tekanannya 5 x 105 N/m2. Jika massa jenis gas tersebut adalah 24 kg/m3, berapakah kecepatan efektif tiap partikel gas tersebut?
Pembahasan:


Jawaban soal fisika bab gas ideal nomor 6

Masih belum paham? baca kembali
Previous
Next Post »