Bagian-bagian Stomata dan Fungsinya

Stomata (Mulut Daun)
Gambar Stomata
Nationalgeographic.com

Stomata adalah celah yang dibatasi oleh sel penutup. Letak stomata ada di jaringan epidermis. Stomata merupakan derivat jaringan epidermis pada daun. Stomata berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara dan menghubungkan ruang-ruang antarsel di dalam jaringan parenkim dengan atmosfer. Pada tumbuhan darat, stomata terdapat di permukaan bawah daun, sedangkan pada tumbuhan air yang terapung, stomata terdapat pada permukaan atas.

Bagian-bagian stomata antara lain:
1. Sel Penutup (Guard Cell)
Sel penutup disebut juga sel penjaga. Sel penutup merupakan sel-sel epidermis yang telah mengalami perubahan bentuk dan fungsi. Sel penutup terdiri dari sepasang sel yang kelihatannya simetris dan umumnya berbentuk ginjal. Sel-sel penutup merupakan sel-sel aktif (hidup). Pada sel-sel penutup terdapat kloroplas.

gambar berikut menunjukkan ketika stomata membuka dan menutup
Bagian-bagian stomata
Wikipedia.org

2. Sel Tetangga (Subsidiary Cell)
Sel tetangga merupakan sel-sel yang berdampingan atau yang berada di sekitar sel-sel penutup. Sel-sel tetangga dapat terdiri dari dua buah atau lebih yang secara khusus melangsungkan fungsinya secara berasosiasi dengan selsel penutup.

3. Celah (Aperture = porus)
Di antara kedua sel penutup terdapat celah (porus) yang berupa lubang kecil. Sel penutup dapat mengatur menutup atau membukanya porus berdasarkan perubahan osmosisnya.

4. Ruang Udara Dalam (Substomata Chamber)
Ruang udara merupakan suatu ruang antarsel yang besar dan berfungsi ganda dalam fotosintesis, transpirasi, dan juga respirasi.

Berdasarkan letak sel penutupnya, stomata dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu
a. Stomata fanerofor, yaitu stomata yang sel-sel penutupnya terletak pada permukaan daun
(menonjol) sehingga memudahkan pengeluaran air, misalnya pada tumbuhan hidrofit.


b. Stomata kriptofor, yaitu stomata yang sel-sel penutupnya berada jauh di bawah permukaan daun (tersembunyi), fungsinya untuk mengurangi penguapan yang berlebihan. Contohnya pada tumbuhan xerofit.
Previous
Next Post »