Penjelasan Lengkap Tentang Hukum III Newton

Hukum II Newton

Hukum II Newton menjelaskan secara kuantitatif bagaimana gaya-gaya memengaruhi gerak. Tetapi belum menjelaskan dari mana gaya-gaya itu datang?Dalam Hukum III Newton menjelaskan tentang adanya gaya aksi reaksi. Menurut Newton, setiap benda yang diberi gaya aksi pasti akan timbul gaya reaksi. Gaya reaksi ini juga bisa menjelaskan tentang keseimbangan alam.

Bunyi Hukum II Newton

Hal tersebut merupakan inti dari bunyi Hukum III Newton, yaitu:

Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.

Rumus Hukum II Newton

Secara matematis hukum III Newton dapat di tulis sebagai berikut:



Sebagai contoh adalah peluncuran pesawat ruang angkasa. Pada saat pesawat menyemburkan gas ke luar maka pesawat tersebut telah memberikan gaya aksi pada gas maka gas itu akan memberikan gaya reaksi sehingga dapat mendorong pesawat dan menyebabkan pasawat dapat bergerak.

Untuk menghindari kesalahpahaman Hukum III Newton, sangat penting untuk mengingat bahwa gaya “aksi” dan gaya “reaksi” bekerja pada benda yang berbeda. Sekali lagi perlu diingat bahwa gaya aksi dan gaya reaksi bekerja pada dua benda yang berbeda dengan arah berlawanan.
Gambar contoh gaya aksi dan gaya reaksi

Sebagai contoh lihat pada gambar. Buku ditarik oleh gaya gravitasi bumi vetikal ke bawah, sehingga menghasilkan  gaya berat (w). Meja memberikan gaya dorong (N) kepada buku yang besarnya sama dengan w sehingga jumlah kedua gaya yang bekerja pada buku tersebut sama dengan  nol. Jika dilihat maka kedua gaya tersebut bekerja pada benda yang sama yaitu buku. Jadi Kedua gaya tersebut bukan pasangan gaya aksi-reaksi karena tidak bekerja pada benda yang berbeda.

Sekarang coba lihat pada gambar kedua. Buku menekan meja sehingga memberikan gaya aksi yang arahnya(F). Sebagai reaksi dari gaya tersebut, meja menekan buku yang arahnya ke atas sehingga memberikan gaya reaksi (F’). Kedua  gaya ini besarnya  sama dan berlawanan arah, serta bekerja pada dua benda yang berbeda, yaitu meja dan buku. Dengan demikian maka pasangan gaya ini merupakan  pasangan gaya aksi reaksi. (F= -F’)
Bagaimana sudah bisa membedakannya ?

Jangan lupa like and share ya jika bermanfaat!

Baca Juga:
Apa Maksud dari Hukum I Newton?
Bagaimana Bunyi Hukum II Newton?
Previous
Next Post »