Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dilihat dari berbagai sisi

Sel hewan dan tumbuhan memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan keduanya yaitu sama-sama termasuk sel eukariotik. Proses reproduksi sel hewan dan tumbuhan melalui proses mitosis dan meiosis. Organel-organel sel yang dimiliki oleh keduanya yaitu, nukleus, badan golgi, retikulum endoplasma, ribosom, mitokondria, peroksisom, sitosketon, dan cel membran.

Apa perbedaan sel hewan dan tumbuhan?
Berikut beberapa perbedaan sel hewan dan tumbuhan dari berbagai aspek.
Dinding sel
Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terdiri dari selulosa. Sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Sentriol
Sel hewan mempunyai sentriol, sedang sel tumbuhan umumnya tidak memiliki sentriol. Hanya beberapa tumbuhan tingkat rendah yang memiliki sentriol.

Silia
Silia dapat ditemukan pada sel hewan, sedang sel tumbuhan umumnya tidak memiliki silia. Silia adalah mikotubulus yang membantu pergerakan sel.

Glyoxysomes
Glyoxysomes berfungsi membantu menguraikan lemak menjadi karbohidrat. Glyoxysomes hanya dapat ditemukan pada sel tumbuhan, pada sel hewan tidak terdapat glyoxysomes.

Lisosom
Pada sel hewan terdapat lisosom yang berguna mengontrol pencernaan di dalam sel. Lisosom jarang terdapat pada sel tumbuhan.

Plastida
Sel hewan tidak memiliki plastida. Sel tumbuham memiliki plastida.

Vakuola
Sel tumbuhan memiliki vakuola yang besar, dapat mencapai 90% volume sel. Sel hewan memiliki beberapa vakuola berukuran kecil, tidak semua sel hewan memiliki vakoula.

Plasmodesmata
Plasmodesmata adalah saluran pada dinding sel tumbuhan yang menjadi penghubung antar sel. Plasmodesmata hanya dimiliki oleh sel tumbuhan, sel hewan tidak memiliki plasmodesmata.

Ukuran sel
Ukuran sel hewan umumnya lebih kecil daripada ukuran sel tumbuhan. Sel hewan memiliki panjang dari 10-30 micrometer, sedang panjang sel tumbuhan antara 10-100 micrometer.

Bentuk sel
Bentuk sel tumbuhan umumnya lebih identik dan biasanya berbentuk persegi panjang atau kubus. Sedang bentuk sel hewan cenderung bulat atau tidak beraturan.

Penyimpanan Energi
Sel tumbuhan menyimpan energi dalam bentuk amilum atau lebih dikenal dengan pati. Amilum merupakan karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, memiliki wujud bubuk putih, tidak berasa dan tidak berbau. Sedangkan sel hewan menyimpan energinya dalam bentuk karbohidrat glikogen kompleks.

Protein
Tumbuhan mampu mensintesis 20 jenis asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi protein. Hewan hanya mampu mampu memproduksi 10 jenis saja.

Diferensiasi
Sebagian besar jenis sel tumbuhan mampu melakukan diferensiasi. Satu-satunya Sel hewan yang dapat berdiferensiasi atau berubah menjadi jenis sel lain adalah sel punca (stem cell).

Berikut tabel perbandingan organel-organel pada sel hewan dan tumbuhan
Tabel perbandingan organel-organel sel tumbuhan dan sel hewan


Berikut gambar yang mengilustrasikan perbedaan organel-organel yang ada pada sel hewan dan tumbuhan(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Gambar perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
Previous
Next Post »