Sifat-sifat Protista Mirip Jamur

Protista
Protista merupakan suatu organisme yang sel penyusunnya memiliki inti yang bersifat eukariotik, sama seperti tumbuhan atau hewan tingkat tinggi. Inti sel mengandung kromosom dan pada reproduksi vegetatif sel mengalami pembelahan secara mitosis. Sitoplasmanya mengandung mitokondria dan vakuola-vakuola, membran selnya mempunyai hubungan kontinyu dengan endoplasmik retikulum dan membran inti. Alat pergerakannya  (silia, flagel) merupakan susunan benang-benang yang kompleks. Tempat hidupnya ada yang di air tawar, laut, dan darat. Parasit pada organisme lain. Hidupnya ada yang soliter (sendiri-sendiri) membentuk koloni metaseluler.
Protista dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu: Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan, dan Protista mirip hewan.

1. Protista mirip jamur

    a.    Myxomycotina /Slime Mold (jamur lendir)
protista mirip jamur
Gambar Arcyria denudata (Myxomycota)
sumber:www.flickr.com

Beberapa sifat yang dimiliki Myxomycotina mirip dengan jamur, struktur vegetatif Myxomycotina ini dinamakan plasmodium, merupakan masa sitoplasma berinti banyak dan tidak dibatasi oleh dinding sel yang kuat. Plasmodium dapat bergerak dengan gerakan ameboid di atas substrat dan dapat mencerna mikrobia kecil lainnya ataupun partikel-partikel bahan organik yang membusuk di dalam selnya. Selama kondisinya baik, plasmodium melanjutkan perkembangan vegetatifnya (masa sel bertambah dan pembelahan inti terus-menerus). Jika plasmodium merayap ke tempat yang kering maka akan dibentuk badan-badan buah (“fruiting bodies”) yang strukturnya kompleks. Dengan berkembangnya badan buah ini maka terbentuklah spora berinti satu yang diselubungi dinding sel di dalam badan buah itu. Spora itu terbentuk dari inti plasmodium yang masing-masing memisahkan diri ke dalam bagian-bagian yang dibatasi oleh dinding sel.
siklus hidup Mycomycota
Gambar siklus Myxomycota
Spora-spora yang telah lepas dari badan buah akan menjadi gamet-gamet amoeboid yang berflagel, sel gamet ini bersifat haploid dan sel gamet ini melakukan sinigami. Sinigami adalah peleburan dua gamet yang  bentuk dan ukurannnya sama(yang tidak dapat dibedakan jantan dan betinanya). Hasil peleburan berupa zigot dan zigot tumbuh dewasa menjadi plamodium kembali.

   
b.    Oomycota (jamur air)

Jamur air dimasukkan ke kingdom Protista karena strukturnya mirip alga, tetapi tidak berklorofil. Hifa tidak bersekat, intinya banyak. Dinding sel berupa selulosa. Reproduksi aseksual dengan zoospora dan seksual menghasilkan zigot. Berikut ini gambar siklus hidup Oomycota

 
siklus hidup Oomycota
Siklus hidup Oomycota
sumber: www.aber.ac.id

 

 Contoh: 
-Phytophythora infestan (parasit pada kentang), 
-Phytium (penyebab penyakit busuk pada kecambah berbagai tanaman).

 

 

Previous
Next Post »