Soal SIMAK UI 2019 BAHASA INDONESIA


Soal SIMAK UI 2019 BAHASA INDONESIA

(1) Seperti profesi lainnya, astronaut juga rentan terhadap depresi atau gangguan psikologis. (2) Hal ini terungkap ketika hubungan tim astronaut di stasiun Luar Angkasa Internasional menegang pasca penemuan lubang kecil di bagian luar pesawat mereka. (3) Diduga lubang tersebut dibuat dengan sengaja sebagai bagian dari aksi sabotase. (4) Menurut salah satu sumber, kemungkinan salah satu astronaut dengan gangguan psikologis sengaja melubangi pesawat agar pulang ke bumi lebih cepat. (5) Hingga kini, masih belum jelas apa penyebab terjadinya lubang kecil tersebut dan siapa yang melakukannya.
(6) Sejak Juli lalu NASA berusaha memperbaiki sistem perekrutannya dan lebih peka pada masalah mental astronaut.(7) Badan luar angkasa AS ini ingin mengurangi gangguan pada misi luar angkasa yang disebabkan oleh masalah psikologis.(8) Mereka melakukan penyaringan ketat dan dipantau sebelum, selama, dan setelah misi mereka si luar angkasa.

16. Pernyataan manakah yang tidak sesuai dengan bacaan di atas?
A. Misi luar angkasa dapat berdampak pada ketahanan mental para astronaut yang bertugas.
B. NASA merperketat sistem perekrutan astronaut untuk mencegah gangguan selama misi luar angkasa
C. Observasi ketat telah dilakukan NASA pada masa perdiapan dan pelaksanaan misi luar angkasa.
D. Keterangan antarawak di Stasiun Luar Angkasa Internasional terjadi karena insiden penemuan lubang kecil di pesawat.
E. Masalah psikologis astronaut kini telah menjadi perhatian serius NASA sehingga penyaringan calon astronaut berlangsung ketat.

18. Kalimat manakah yang tidak efektif pada bacaan di atas?
A. kalimat (4)
B. kalimat (5)
C. kalimat (6)
D. kalimat (7)
E. kalimat (8)

19. Kalimat manakah yang menggunakan kata yang maknanya selaras dengan kata rentan pada kalimat (1)?
A. Astronaut harus memiliki mental yang kuat agar tidak mudah depresi.
B. Penyakit jantung mengancam keselamatan jiwa usia produktif.
C. Ketimpangan produksi telah membuat situasi pasar menjadi lebih peka.
D. Perekrutan pekerja di perusahaan itu sangat ketat karena beratnya tugas di perusahaan itu.
E. Pengaruh negatif media sosial telah merambah kalangan siswa sekolah dasar.



(1)Perjalanan ke Mars akan lebih berbahaya dari sebelumnya. (2) Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada peningkatan risiko kanker dua kali lebih tinggi bagi astronaut yang melakukan perjalanan ke planet merah tersebut. (3) Risiko kanker yang tinggi ini disebabkan adanya radiasi kosmik. (4) Memakai baju astronaut yang lebih tebal tidak akan menyelesaikan masalah.
(5) Mereka menemukan bahwa model risiko yang sebelumnya dijadikan pedoman belumlah lengkap. (6) Apalagi, model itu selama ini dijadikan pedoman oleh NASA dan grup lainnya. (7) Model lama tersebut menyatakan bahwa sel stem kanker yang teradiasi hanya berdasarkan kerusakan sel langsung dan mutasi. (8) Sementara itu, pada model baru, turut dihitung kemungkinan kerusakan berat pada sel yang akan meningkat risiko kanker untuk sel bystander. (9) Dengan demikian, ada efek turunan yang sulit dihindar.



20. Manakah ringkasan yang paling tepat dari bacaan di atas?
A. Astronaut yang melakukan perjalanan ke Mars berisiko terkena kanker dua kali lebih tinggi karena adanya radiasi kosmik.
B. Risiko kanker yang akan dialami oleh astronaut yang melakukan perjalanan ke Mars menjadi lebih tinggi akibat adanya efek turunan yang sulit dihindari.
C. Perbedaan utama perhitungan risiko kanker pada midel lama dan model baru dalam perjalanan ke Mars terletak pada kemungkinan kerusakan berat pada sel.
D. Penelitian telah menemukan bahwa perjalanan ke Mars berisiko tinggi bagi para astronaut dengan adanya kemungkinn terkena serangan kanker,
E. Perjalanan ke Mars meningkatkan risiko astronaut terkena kanker dua kali lebih tinggi karena adanya koreksi perhitungan risiko kanker pada perjalanan ke Mars pada model lama.

21. Gagasan pokok kalimat (8) adalah ...
A. model baru menghitung kemungkinan kerusakan berat
B. kerusakan berat pada sel mingkatkan risiko kanker
C. kemungkinan kerusakan berat pada sel dihitung
D. model baru meningkatkan risiko kanker
E. bystander meningkatkan kemungkinan kerusakan berat pada sel

22. Kata yang ditulis salah dalam bacaan di atas terdapat pada ...
A. kalimat (2)
B. kalimat (5)
C. kalimat (7)
D. kalimat (8)
E. kalimat (9)

23. Penggunaan kata sambung yang salah terdapat pada ...
A. kalimat (2)
B. kalimat (5)
C. kalimat (6)
D. kalimat (7)
E. kalimat (8)



(1)Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia. (2) Ia gampang dimainkan dan para penonton pun merasa terhubung dengan tim yang berlomba di stadion. (3) Menurut FIFA, orang-orang Tiongkok adalah yang pertama kali minggiring bola ke dalam jaring pada abad ke-3 sebelum Masehi. (4) Selanjutnya, permainan ini mulai dikenal dengan nama “sepak bola” ketika inggris membentuk tim pada abad ke-19. (5) Namun, menurut Mary Miller, ahli sejarah Yale University, pendahulu dari permainan populer ini dapat ditemukan di Amerika. (6) Di Amerika Tengah, sebelum penemuan Columbus, telah banyak penduduk berolahraga dengan bola berat yang terbuat dari resin pohon . (7) Permainan ini cukup terkenal dalam budaya Mesoamerika, seperti Teotihuacanos, Aztec dan Maya sejak tiga ribu tahun lalu. (8) Peradaban kuno ini kemudian menyempurnakan proses pembuatan bola karet seribu tahun sebelum zaman modern.



24. Manakah simpulan yang paling tepat dari bacaan di atas?
A. Sepak bola yang kita kenal sekarang berkembang dari kebudayaan China pada abad ke-3 Sebelum Masehi.
B. Permainan sepak bola dikembangkan menjadi olahraga medern oleh Inggris sejak abad ke-14.
C. Sebelum permainan sepak bola berkembang seperti sekarang, beberapa kebudayaan di dunia telah mengenal permainan seperti itu.
D. Gagasan sepak bola dengan bola karet pertama kali muncul dalam kebudayaan Tiongkok.
E. Sepak bola berkembang dari permainan dengan bola besi yang terbuat dari resin pohon.

25. Kalimat manakah yang menggunakan kata yang beragam nonformal?
A. Kalimat (1)
B. Kalimat (2)
C. Kalimat (3)
D. Kalimat (4)
E. Kalimat (5)

26. Manakah hubungan logis yang paling tepat?
A. Kalimat (2) merupakan perincian dari kalimat (1).
B. Kalimat (3) dan (4) merupakan contoh dari kalimat (1).
C. Kalimat (5) merupakan pertentangan dari kalimat (3) dan (4).
D. Kalimat (6) merupakan perbandingan dari kalimat (5).
E. Kalimat (7) merupakan contoh dari kalimat (6).

27. Walaupun terlatak tepat di pinggir Danau Toba, Desa Tingaras bukanlah pilihan umum untuk berwisata. Orang-orang lebih mengenal parapat sebagai gerbang pariwisata Danau Toba. Tingaras memang belum dikelola sebaik parapat untuk jadi tujuan wisata. Salah satu bukti yang paling kasatmata adalah akses jalannya masih buruk, Aspalnya berlubang-lubang dan angkutan umum terbatas.Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
A. letak Desa Tigaras di pinggir Danau Toba
B. perbandingan Desa Tigaras dengan Parapat
C. belum baiknya pengelolaan Desa Tigaras sebagai tempat wisata
D. alasan Parapat sebagai tujuan wisata di Danau Toba
E. pilihan lokasi wisata yang ideal di Danau Toba

28. (1) Jamur yang ditemukan di tumpukan sampah di Pakistan bisa menguraikan plastik dalam hitungan minggu, bukan tahun. (2) Plastik memang telah lama dipergunakan dalam kehidupan kita. (3) Aspergillus tubingensis diketahui dapat “memakan” jenis plastik poliurentana hanya dalam delapan minggu. (4) Padahal, biasanya plastik membutuhkan waktu puluhan atau ratusan tahun untuk terurai. (5) Proses penguraian yang memakan waktu lama inilah yang membuat plastik berbahaya bagi lingkungan kita. Kalimat manakah yang tidak berkaitan erat dengan gagasan utama paragraf?
A. Kalimat (1)
B. Kalimat (2)
C. Kalimat (3)
D. Kalimat (4)
E. Kalimat (5)

29. (1) Penelitian terbaru menjelaskan bahwa konsumsi alkohol berdampak negatif pada kesehatan. (2) Hal itu berlaku di seluruh dunia. (3) Penelitian tersebut mengestimasikan bahwa mengonsumsi alkohol sekali dalam sehari dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan tuberkulosis. (4) Penelitian lain menyebutkan bahwa mengonsumsi satu atau dua gelas alkohol dalam sehari mampu menyehatkan tubuh. (5) Angka itu disebut sebagai batas aman konsumsi alkohol harian.
Kata sambung yang tepat pada kalimat (4) untuk memperjelas hubungan antara kalimat (3) dan kalimat (4) adalah ...
A. bahkan
B. selain itu
C. selanjutnya
D. padahal
E. meskipun

30. Manakah kalimat yang efektif di antara kalimat-kalimat berkut?
A. Perang Kapaha adalah perang Ambon yang ke-4 terletak di wilayah jazirah Leihitu bagian utara Pulau Ambon.
B. Karena ketertarikannya dengan alam di Maluku, beliau menetap di sana dan menikahi gadis Ambon, sehingga akhirnya menjadi buta.
C. Laba-laba adalah makhluk penyendiri dan dianggap sebagai makhluk yang tidak dapat bersosialisasi.
D. Kehadiran teknologi tersebut seolah-olah menghantarkan manusia ke berbagai pintu penyakit karena kurang aktivitas bergerak.
E. Meskipun menyerupai tagar yang sering di gunakan sekarang, namun gambar yang ditemukan daam gua Bloombos ini sudah berusia 73 ribu tahun.
Previous
Next Post »