Apa yang dimaksud Biaya Peluang dalam Ekonomi?


A. Kenapa Kita Harus Memilih?

Pada artikel tenteng kelangkaan telah dijelaskan bahwa manusia memiliki berbagai macam kebutuhan yang tidak terbatas sedang sumber daya untuk memuaskan kebutuhan tersebut terbatas. Sehingga tidak mungkin semua kebutuhan manusia akan terpenuhi. Oleh karena itu, manusia dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam menentukan pilihan manusia harus rasional agar sumber daya yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan hidup dengan semaksimal mungkin.
 
Apa yang dimaksud Biaya Peluang dalam Ekonomi?
setiap pilihan yang kita ambil akan ada biaya peluang
Kelangkaan => Pilihan => Biaya peluang

Rasional dalam hal ini adalah mempertimbangkan sebaik-baiknya antara pengorbanan yang diberikan dengan manfaat yang diperoleh. Kebalikan dari sikap rasional adalah irasional atau tidak rasional. Contoh sikap tidak rasional adalah seorang konsumen yang selalu membeli barang-barang bermerek hanya untuk mengikuti trend semata padahal itu tidak sesuai dengan penghasilannya.
Rasional atau tidaknya suatu pilihan tergantung pada alasan atau motif dalam melakukan pilihan dan apakah tindakannya selaras dengan prinsip ekonomi. Bagaimanakah tindakan yang sesuai prinsip ekonomi? Prinsip ekonomi merupakan pedoman agar pelaku ekonomi berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil maksimal. Hasil maksimal dalam hal ini memiliki 2 pengertian, yaitu keuntungan tertinggi atau kerugian terendah. Di sinilah ilmu ekonomi memegang perananannya, yaitu membantu kita melakukan pilihan terbaik (The Study of Choice). Dalam setiap kali keputusan harus dibuat, terkandung biaya peluang.
Kemudian, apa yang dimaksud dengan biaya peluang?

B. Pengertian Biaya Peluang

Jika kita menjatuhkan pilihan pada salah satu, maka otomatis kita harus melepaskan kemungkinan yang lain. Dalam membuat pilihan akan suatu barang tertentu maka kita akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh barang yang lain. Dalam ekonomi hal tersebut dikenal istilah biaya peluang atau disebut juga dengan Opportunity Cost.  Setiap orang harus selalu berusaha untuk mendapatkan manfaat tertinggi dari setiap alternatif pilihan dan mengambil biaya peluang yang terendah.
Yang dimaksud dengan biaya peluang dalam ekonomi adalah biaya yang dikorbankan untuk memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa alternatif yang tersedia. Dengan kata lain, biaya peluang diukur dengan satuan barang lain yang seharusnya bisa diperoleh.
Jadi ketika seseorang dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan dan harus memilih salah satu di antaranya maka alternatif yang tidak dipilihnya itulah yang menjadi biaya peluang. Karena kita hanya dapat memilih salah satu di antara suatu pilihan maka pilihan yang tidak dipilih itulah yang dimaksud dengan biaya peluang.
Ingat keputusan apapun yang melibatkan pilihan antara dua atau lebih memiliki biaya peluang. Jadi biaya peluang tidak hanya berlaku pada konsumen, tetapi juga pada produsen. Jika suatu produsen mengambil salah satu kesempatan atau peluang untuk melakukan suatu produksi barang tertentu maka secara bersamaan dia akan kehilangan peluang untuk melakukan produksi barang lain.

 C. Contoh Biaya Peluang

Agar dapat lebih memahami tentang tentang biaya peluang, perhatikan contoh tentang biaya peluang berikut.
Sevina adalah lulusan sarjana teknik informatika. Sebagai seorang ahli pemrograman komputer, Sevina telah digaji sebesar Rp5.000.000,00 per bulannya. Namun, naluri kewirausahaan Sevina memutuskan untuk menjadi pengusaha produk kecantikan. Dengan keputusannya tersebut, sevina telah kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendapatan sebagai seorang ahli pemrograman komputer. Hilangnya kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari bekerja sebagai ahli pemrograman komputer merupakan biaya peluang.
Biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang, namun dapat berupa kesenangan, keuntungan, waktu, pengalaman, dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah sebagai berikut.
Biaya peluang dari bekerja adalah hilangnya waktu untuk tidak bekerja yang dapat digunakan untuk kegiatan lainnya. Misalnya saja untuk berkumpul dengan keluarga, belanja,bersenang-senang.

Semoga artikel tentang biaya peluang dalam ekonomi diatas dapat membantu anda.
Jangan lupa like, comment and share ya jika artikel ini bermanfaat untuk anda!
Previous
Next Post »