Pemanfaatan Radiasi Dalam Kehidupan Sehari-hari


Saat mendengar kata radiasi mungkin dibenak kita lansung terpikir hal yang negatif. Akan tetapi, jika diperlakukan dengan benar makan radiasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Tanpa kita sadari sekarang ini radiasi sudah dimanfaatkan diberbagai bidang baik itu medis, pendidikan, penelitian, industri dan militer. Selain itu radiasi juga telah dimanfaatkan pada bidang pertanian, arkeologi, eksplorasi luar angkasa, penegakkan hukum, geologi, dan lain-lain.
Radiasi adalah emisi atau transmisi energi dalam bentuk gelombang atau partikel. Jenis radiasi yang umum kita dengar yaitu radiasi elektromagnetik dan radiasi partikel. Contoh radiasi elektromagnetik adalah gelombang radio dan infrared sedang contoh radiasi partikel adalah radiasi alfa dan radiasi beta.

Di bidang medis
Di dunia medis, radiasi dimanfaatkan untuk mendiagnosa dan mengobati pasien. Penggunaan radiasi dalam kesehatan telah berhasil menyelamatkan banyak orang. Salah satu pemanfaatan sinar radiasi di dunia medis yang paling umum adalah penggunaan sinar-x. Sinar-x dapat digunakan untuk melihat struktur tulang kita. 
Pemanfaatan Radiasi di bidang medis
Dengan bantuan sinar-x kita dapat mengetahui struktur tulang (sumber: google image)

Saat tubuh kita disinari dengan sinar-x maka sinar –x akan menembus kulit kita, dan tulang akan memberikan bayang-bayang karena lebih padat dari kulit kita. Sinar tersebut kemudian ditangkapkan pada photographic film sehingga kita dapat melihat hasilnya yang berupa struktur tulang kita. Mesin sinar-x yang telah dihubungkan dengan computed tomography (CT) scanner dapat digunakan untuk melihat bentuk dan detail organ dalam tubuh, hal tersebut akan membantu dokter dalam mengidentifikasi penyakit/masalah pada organ dalam. Selain itu radiasi juga sering digunakan untuk membunuh jaringan kanker, mengurangi ukuran tumor, dan mengurangi rasa sakit.
 
Gambar mesin ct scanner
CT scanner (google image)
Di bidang Akademis dan penelitian
Radiasi dapat dimanfaatkan untuk mempelajari pencemaran air dan udara. Radiasi juga dapat digunakan untuk mempelajari jenis-jenis tanah yang cocok untuk tanaman tertentu. Selain itu radiasi bisa membantu kita mempelajari aliran arus laut. Arkeolog menggunakan zat radioaktif untuk menentukan umur fosil dengan proses yang disebut carbon dating. Di lapisan atas atmosfer, sinar kosmik  menabrak atom-atom nitrogen dan membentuk isotop radioaktif carbon-14. Semua makhluk hidup mengandung unsur karbon dan sebagian kecilnya adalah carbon-14. Saat makhluk hidup tersebut mati maka tidak menghasilkan carbon baru. Carbon-14 yang terkumpul selama masa hidupnya akan mulai mengalami proses peluruhan radioaktif. Akibatnya fosil yang telah lama akan memiliki akan radioaktivitas yang lebih rendah dari obyek yang baru. Arkeolog mampu memperkirakan umur fosil dengan mengukur perbedaan radioaktivitas tersebut.

Dunia industri
Di bidang industri, radiasi sudah dimanfaatkan secara luas. Karena banyaknya pemanfaatan radiasi untuk industri maka disini tidak akan dituliskan semuanya, melainkan sebagian saja. Jenis radiasi tertentu dapat digunakan untuk membunuh kuman tanpa merusak makanan tersebut ataupun menjadikannya bersifat radioaktif, sehingga tetap aman untuk dimakan. Setelah melewati proses irradiation makanan akan lebih susah busuk. Proses irradiation juga dapat digunakan untuk sterilisasi alat medis tanpa menggunakan bahan kimia beracun maupun pemanasan dengan suhu yang ekstrim.  Pengikatan bahan kimia anti kusut pada kain agar kain jadi bebas kusut juga dapat dilakukan dengan bantuan irriadiation.
Di industri, radiasi juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan polutan beracun seperti gas buang dari pembangkit listrik tenaga batu bara. Contohnya, radiasi sinar elektron dapat menghilangkan gas berbahaya seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida dari lingkungan.
Di industri pertanian radiasi digunakan untuk meningkatkan produksi makanan dan kemasan. Benih tanaman yang lebih baik dapat diciptakan dengan bantuan dari radiasi. Selain membuat tanaman menjadi lebih kuat, radiasi dapat digunakan untuk mengontrol populasi serangga, sehingga menurunkan penggunaan insektisida. Sinar gamma dapat digunakan dalam pembuatan alat masak anti lengket agar makanan tidak menempel pada permukaan logam.
Contoh-contoh lain pemanfaatan radiasi adalah sebagai berikut:
- bahan radioaktif digunakan untuk mengukur ketebalan kulit telur sebelum dilakukan pengepakan, kulit telur yang tipis dan mudah retak akan dipisahkan.
- Americium-241 digunakan pada pendeteksi asap atau smoke detector sebagai bagian dari mekanisme pendeteksinya. Partikel alfa dari Americium-241 mengionisasi udara dan kemudian mengukur perubahan ionisasi dari udara disekitar pendektesi asap tersebut. Perubahan yang disebabkan karena adanya asap di udara akan membuat alarm berbunyi.
- Alat ukur yang mengandung radioisotopes dapat digunakan untuk membantu pengisian soda ke dalam botol agar tidak tumpah.
-Penggunaan zat radioaktif pada alat ukur juga membantu kita mengukur ketinggian bahan kimia atau minyak di dalam tanki yang susah untuk dilihat secara langsung. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengukur kelembaban dan densitas tanah dan material di area pembangunan.
- Dengan bantuan radiografi kita dapat mengecek hasil pengecoran dan pengelasan logam sehingga kita  dapat menemukan kerusakan/kecacatan yang tidak terlihat oleh mata kita. Radiografi juga dapat digunakan untuk mengecek aliran minyak di dalam mesin yang tertutup.
Pemanfaatan radiasi di industri pengelasan logam
Pengecekan hasil pengelasan dengan radiografi (google image)

-Di bandara sinar-x digunakan untuk mengecek barang bawaan calon penumpang tanpa harus membuka koper satu demi satu.
-Radiasi juga dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi geologi.
- Salah satu penggunaan terbesar zat radioaktif adalah untuk pembangkit listrik tenaga nuklir, melalui reaksi fisi.
Previous
Next Post »