Soal Fisika SMA Tentang Relativitas dan Pembahasannya

Berikut ini Soal Fisika Tentang Relativitas dan Pembahasannya:


Kumpulasn Soal Fisika SMA

1. Garis tengah sebuah asteroid menurut seorang pilot yang berada di dalam pesawat ruang angkasa yang sedang bergerak dengan kecepatan 0,8 c adalah 360 m. Berapakah panjang garis tengahnya jika diukur oleh seseorang yang berhasil mendarat di asteroid tersebut?
 Jawab:
Jawaban soal relativitas nomor1

Jawaban soal fisika  tentang  relativitas nomor1


2. Sebuah pesawat tempur yang bergerak dengan kecepatan 0,8 c relatif terhadap bumi menembakkan roket dengan kecepatan 0,5 c . Berapakah kecepatan roket tersebut menurut pengamat yang diam di bumi?
 Jawab:
Jawaban soal relativitas nomor 2

3. Sebuah benda dengan panjang 40 m, bergerak dengan kecepatan v relatif terhadap pengamat dalam arah menurut panjangnya. Tentukan kecepatannya, jika panjang tongkat menurut pengamat adalah 35 m!
 Jawab:
Jawaban soal relativitas nomor 3

Pembahasan soal relativitas nomor 2

4. Suatu partikel memiliki waktu hidup 5 x 10-8 detik. Berapa waktu hidup partikel itu jika ia bergerak dengan kelajuan 0,9 c?
 Jawab:
Pembahasan soal relativitas nomor 4

5. Massa diam elektron adalah 9,1 . 10-31 kg. Tentukanlah massa dan momentum relativistik elektron yang bergerak dengan kecepatan 0,98 c!
 Jawab:

Pembahasan soal relativitas nomor 5


6. Sebuah proton bergerak dengan kecepatan 0,6 c. Hitunglah energi diam dan energi total proton tersebut dalam satuan eV! (massa diam proton = 1,6 x 10-27 , 1 ev = 1,6 x 10-19 joule)
Jawab:
Pembahasan soal relativitas nomor 6

Baca juga: 
Jangan lupa like and share ya
Previous
Next Post »