Soal Fisika SMA Kelas 12 Tentang Induksi Elektromagnetik dan Pembahasannya

Beriktu Ini Soal-soal Fisika Tentang Induksi elektromagnetik dan pembahasannya


Kumpulan Soal Fisika SMA

1. Fluks magnetik yang dilingkupi oleh suatu kumparan berkurang dari 0,8 Wb menjadi 0,2 Wb dalam waktu 3 sekon. Kumparan terdiri atas 90 lilitan dengan hambatan 6 W. Berapakah kuat arus listrik yang mengalir melalui kumparan?

Pembahasan:
Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 1

2. Sebuah kawat yang panjangnya 1 m bergerak tegak lurus pada medan magnetik dengan kecepatan 20 m/s, pada ujung-ujung kawat timbul beda potensial 2,4 V. Tentukan besarnya induksi magnetik!

Pembahasan:
Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 2

3. Sebuah kumparan yang mempunyai luas bidang kumparan 50 cm2 terdiri atas 200 lilitan, jika pada kumparan tersebut terjadi perubahan induksi magnet sebesar 2 Wb/m2 per sekonnya, tentukan besarnya ggl induksi yang timbul pada ujung-ujung kumparan tersebut!!

Pembahasan:

Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 3

4.Sebuah generator memiliki luas bidang kumparan 300 cm2, yang terdiri atas 800 lilitan, berada dalam medan magnetik tetap 9.10-2 T. Apabila kumparan diputar pada kecepatan sudut sebesar 40 rad/s, tentukan berapa volt ggl maksimum yang dihasilkan oleh generator tersebut?

Pembahasan

Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 4

5. Sebuah generator armaturnya memiliki luas 400 cm2 terdiri atas 500 lilitan. Jika armaturnya berada dalam medan magnet 0,1 T, berapakah frekuensi putarnya supaya menimbulkan tegangan maksimum 220 volt?

Pembahasan:
Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 5

6. Sebuah kumparan mempunyai induktansi diri 4,5 H. Kumparan tersebut dialiri arus searah yang besarnya 8 mA. Berapakah besar ggl induksi diri kumparan apabila dalam selang waktu 0,04 sekon kuat arus menjadi nol?

Pembahasan:
Jawaban soal fisika tentang induksi elektromagnetik nomor 6

Masih merasa kesulitan? Baca kembali Hukum Faraday dan Hukum Lenz pada ggl induksi!
Previous
Next Post »