Fungsi Sumsum Tulang Belakang dan Sumsum lanjutan

Sumsum
sumsum terbagi menjadi 2 bagian yaitu sumsum lanjutan (medula oblongata) dan sumsum tulang belakang (medula spinalis).

Gambar Sumsum tulang belakang dan fungsinya

1.  Sumsum Lanjutan (Medula Oblongata)
Sumsum lanjutan merupakan bagian paling belakang dari otak. Sumsum lanjutan paling atas disebut jembatan Varol. Sumsum lanjutan berfungsi mengatur denyut jantung, menyempitkan pembuluh darah, melakukan gerakan menelan, batuk, bersin, bersendawa, muntah, serta membantu pernapasan.

2. Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)
Sumsum tulang belakang merupakan lanjutan dari medula oblongata. Sumsum tulang belakang terletak di bagian punggung, dilindungi dalam tulang-tulang belakang (vertebrata). Manusia memiliki 33 vertebra, 7 di leher, 12 di daerah belakang dada, 5 di pinggang, 5 di panggul, dan 4 tulang ekor.  Bagian ini terus berlanjut ke bawah sampai ke tulang belakang (vertebrae lumbalis) kedua.

Gambar Sumsum tulang belakang



 Sama seperti pada otak, bagian tengah berkas sarafnya mengandung cairan serebrospinal. Saluran cairan ini disebut kanal sentral. Sumsum tulang belakang berfungsi menghubungkan rangsang dari dan menuju otak. Selain itu sumsum ini juga memberi kemungkinan jalan terpendek pada gerak refleks. Penampang melintang sumsum tulang belakang berbentuk kupu-kupu.
 Gambar bagian-bagian sumsum tulang belakang
Sumsum tulang belakang memiliki bagian yang berwarna putih dan abu-abu. Bagian dalam (medula) berwarna abu-abu disebut substansi grissea, bagian abu-abu membentuk huruf H, tersusun dari badan sel saraf, neuroglia, dendrit, dan serabut-serabut saraf. Bagian sumsum tulang belakang ini berwarna abu-abu Karena tidak diselaputi mielin yang merupakan zat lemak. Bagian luar (korteks) sumsum tulang belakang berwarna putih disebut substansi alba. Bagian putih merupakan jalur serabut saraf (kumpulan neurit) yang bermielin.(struktur warna korteks medula pada sumsum tulang belakang berkebalikan dengan struktur otak).


Sumsum tulang belakang dibedakan menjadi sayap ventral dan sayap dorsal. Sayap ventral yaitu bagian yang mengarah ke perut. Bagian ini mengandung badan neuron motorik. Sayap dorsal yaitu bagian yang mengarah ke punggung. Bagian sayap dorsal mengandung badan neuron sensorik. Impuls akan masuk melalui sayap dorsal dan keluar melalui sayap ventral. 
Previous
Next Post »