Soal Simak UI 2015 IPS Terpadu

Soal Simak UI 2015 IPS Terpadu

Soal Simak UI 2015 IPS Terpadu

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II memberlakukan kenaikan tarif bongkar muat minyak kelapa sawit mentah (CPO) di Pelabuhan Talang Duku,Muaro Jambi, dari Rp4.800,00 per ton menjadi Rp30.000,00. Aturan itu berlaku mulai 1 November 2014. Kebijakan itu diprotes para eksportir CPO dengan alasan bahwa tarif baru tersebut terlalu mahal.
Manajer eksportir PT Musim Mas di Jambi mengaku kaget dengan pemberlakuan tarif bongkar muat yang baru. Selain terlalu mahal, tarif itu pun tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu. Truk-truk pengangkut CPO yang menolak membayar tarif baru dilarang masuk area pelabuhan sehingga truk-truk tersebut menumpuk di sepanjang jalan menuju pelabuhan. Penumpukan angkutan CPOmenimbulkan kesemrawutan lalu lintas menuju pelabuhan.
Dalam surat edaran dari Pelindo kepada pengusaha CPO, tidak disebutkan alasan kenaikan tarif bongkar muat, namun kenaikan itu diklaim untuk menyesuaikan pelayanan yang diberikan. Bagi pengusaha, kenaikan ini membebani karena sebelumnya di Jambi secara real tidak ada jasa dan fasilitas yang diberikan. Semuanya tetap dibebankan kepada pengusaha. Sementara itu, dalam pertemuan para pihak yang berkepentingan akhirnya disepakati bahwa harga bongkar muat sementara
Rp13.500,00 per ton. Namun, harga ini berlaku hingga akhir Desember 2014.

46. Alternatif pelabuhan terdekat bagi para eksportir pada bacaan di atas adalah pelabuhan di ... .

(A) Batam
(B) Belawan
(C) Dumai
(D) Palembang
(E) Teluk Bayur

47. Kota yang disebut pada paragraf pertama, pada abad VII, berdasarkan keterangan I-tsing, merupakan pusat pemerintahan Kerajaan ... .

(A) Sriwijaya
(B) Jambi
(C) Pagaruyung
(D) Amonggapasa
(E) Melayu

48. Diasumsikan hanya terdapat dua jenis truk pengangkut CPO ke Pelabuhan Talang Duku, yaitu jenis A yang berukuran panjang 6mdan lebar 2mdengan kapasitas angkut 4 ton dan jenis B yang berukuran panjang 12 m dan lebar 2,5 m dengan kapasitas angkut 8 ton. Diketahui area parkir sebelum bongkar muat memiliki luas 2,46 hektare dengan kapasitas maksimum 1000 truk per hari. Maksimum total biaya bongkar muat yang diterima Pelabuhan Talang Duku setiap hari sebesar . . . .

(A) Rp32.640.000,00
(B) Rp59.160.000,00
(C) Rp91.800.000,00
(D) Rp171.360.000,00
(E) Rp204.000.000,00


49. Kenaikan tarif bongkar muat komoditas dalam bacaan di atas, ceteris paribus, akan menyebabkan harga komoditas tersebut meningkat.

SEBAB

Kenaikan harga suatu barang, ceteris paribus, akan menyebabkan terjadinya excess supply.

50. Perkebunan kelapa sawit bukan merupakan hinterland bagi pelabuhan pada bacaan di atas.

SEBAB

Protes para eksportir bukan menunjukkan gambaran perkebunan kelapa sawit sebagai hinterland Pelabuhan Talang Duku.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melakukan aksi penenggelaman dua unit kapal asing berbendera Papua Nugini yang dipimpin langsung Panglima Komando Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) di perairan Ambon, Minggu (21/12/2014), pukul 10.00 waktu setempat. Dua buah kapal yang ditenggelamkan tersebut yaitu KM Century 4/PNG-051 dan KM Century 7/PNG-069. Saat ditangkap, dua kapal asing ini mengangkut 72 ABK berkewarganegaraan Thailand dan Kamboja serta tujuh WNI.
Kedua kapal itu ditangkap di perairan Indonesia pada 7 Desember 2014 di sekitar perairan Maluku karena terbukti bersalah melakukan pelanggaran berupa penangkapan ikan di wilayah Indonesia tanpa izin atau tidak memiliki dokumen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. Pangarmatim mengatakan, penenggelaman dua kapal tersebut merupakan tindakan tegas yang diambil pemerintah Indonesia untuk menjaga kedaulatan maritim Republik Indonesia.
Saat ini, di Maluku baru ada dua kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan, sedangkan sejumlah kapal lain yang ditangkap masih dalam proses hukum. Dua kapal dengan bobot 200 GT dan 250 GT ini ditangkap TNI AL bersama enam kapal lainnya saat mencuri ikan di laut Arafura tiga minggu sebelumnya. Penenggelaman kapal ikan itu sejalan dengan kebijakan pemerintah yang bertindak tegas terhadap kapal pencuri ikan.

51. Wilayah yang disebut pada paragraf ketiga, pada abad XVI–XVII, terkenal dengan hasil bumi sebagai komoditas internasional. Komoditas tersebut adalah ... .

(A) vanili
(B) lada
(C) kopi
(D) pala
(E) cengkeh

52. Jika banyaknya ABK berkewarganegaraan Thailand adalah lima kali banyaknya ABK berkewarganegaraan Kamboja, banyaknya ABK berkewarganegaraan Thailand tersebut adalah ... .

(A) 7
(B) 12
(C) 35
(D) 60
(E) 72

53. Terkait dengan laut yang disebut pada paragraf ketiga, pada 15 Januari 1962 terjadi pertempuran Aru antara kapal patroli Indonesia dan kapal Belanda. Peristiwa ini menenggelamkan kapal patroli yang dipimpin oleh Komandan Yos Sudarso, yaitu ... .

(A) KRI Harimau
(B) KRIMacan Kumbang
(C) KRIMacan Tutul
(D) KRI Harimau Hutan
(E) KRI Harimau Putih

54. Gaji yang diterima 7 ABK WNI, sebagaimana dikemukakan dalam paragraf pertama pada bacaan di atas, bagi Indonesia dimasukkan ke dalam penghitungan produk domestik bruto.

SEBAB

Bagi Indonesia, nilai produk domestik bruto lebih besar daripada nilai produk nasional bruto.
Gunakan Petunjuk C dalam menjawab soal nomor 55 .
55. Atribut yang dapat dihubungkan dengan perairan pada bacaan di atas adalah ...

(1) garisWeber,
(2) posisi 120± BT,
(3) ALKI III,
(4) garisWallace.

Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, menargetkan ekspor jagung ke Malaysia dalam tiga tahun ke depan karena memiliki potensi produksi untuk memenuhi permintaan pasar di Negeri Jiran itu. Luas lahan tanam terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012, luas lahan mencapai 25 ribu hektare, kemudian bertambah menjadi 40 ribu hektare pada tahun 2013.
Di samping itu, produksi jagung rata-rata juga mengalami peningkatan, yaitu sudah mencapai delapan ton per hektare, meskipun di beberapa lokasi dapat diproduksi hingga 12 ton per hektare. Jika produksi rata-rata delapan ton per hektare, pada area tanam seluas 40 ribu hektare, kabupaten tersebut akan dapat menghasilkan 320 ribu ton pipilan kering dengan harga jual sebesar Rp2.500,00 hingga Rp3.200,00 per kilogram.
Usaha tani jagung ini mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah Dompu. Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tentang pendapatan per kapita, masyarakat Dompu berada di urutan satu dari delapan kabupaten tanpa komoditas hasil tambang. Demikian juga dengan daya beli masyarakat, Kabupaten Dompu sudah berada di urutan kedua dari delapan kabupaten yang ada di NTB. Selain itu, angka kemiskinan di Kabupaten Dompu juga terendah dibanding delapan kabupaten dan berada di urutan tiga jika KotaMataram dan Kota Bima dihitung.

56. Jika diasumsikan penambahan luas area tanam adalah seperlima dari penambahan area tanam tahun sebelumnya dan luas area tanam dikatakan tidak bertambah jika penambahannya kurang dari 5 hektare, luas area tanam tidak bertambah mulai tahun ... .

(A) 2015
(B) 2016
(C) 2017
(D) 2018
(E) 2019

57. Jika diasumsikan penambahan luas lahan tanam akan tetap setiap tahunnya, luas lahan tanam pada tahun 2020 sebesar ... .

(A) 145.000 hektare
(B) 152.500 hektare
(C) 156.250 hektare
(D) 158.125 hektare
(E) 160.000 hektare

58. Kota terakhir yang disebut pada paragraf ketiga merupakan pusat kerajaan Islam yang menonjol di Provinsi Nusa Tenggara.

SEBAB

Kerajaan di kota tersebut, sejak berdirinya, sudah menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Gowa dan Tallo.

59. Perbedaan harga jual jagung pipilan menunjukkan adanya perbedaan produktivitas komoditas dalam ruang.

SEBAB

Produksi merupakan nilai jumlah dalam satuan luas, sedangkan produktivitas merupakan nilai harga dalam satuan berat.

60. Keadaan yang digambarkan oleh kalimat kedua paragraf ketiga bacaan di atas berarti produk domestik regional bruto Kabupaten Dompu NTB tahun 2014 mengalami kenaikan.

SEBAB


Makin tingginya pendapatan per kapita suatu masyarakat berarti makin tinggi pula tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut.
Previous
Next Post »