Perbedaan Otot Antagonis dan Sinergis dan Contohnya

Macam-Macam Gerak Otot

Otot bekerja secara berpasangan untuk menghasilkan gerak. Ada dua macam pasangan otot yang terjadi yaitu antagonis dan sinergis.

1. Otot antagonis

Otot antagonis adalah pasangan otot yang melakukan gerak berlawanan terhadap otot yang sedang melakukan kontraksi.

Jenis-jenis gerak otot antagonis:
a. Ekstensi – Fleksi
Ekstensi adalah gerak meluruskan, sedangkan fleksi adalah gerak membengkokkan. Contoh: saat kita berdiri kaki dalam posisi lurus disebut ekstensi, sedangkan saat jongkok kaki dalam posisi menekuk disebut fleksi.
contoh gerak otot antagonis

b. Abduksi – Adduksi
Abduksi adalah gerakan menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah gerakan mendekati badan. Contoh: geraktangan sejajar bahu disebut abduksi, sedangkan gerak (sikap sempurna) disebut adduksi.

c. Depresi – Elevasi
Depresi adalah gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat. Contoh: gerakan menunduk dan menengadah.

d. Supinasi – Pronasi
Supinasi adalah gerak menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelungkupkan tangan. Kedua macam gerakan ini seperti gerakan melingkar satu sumbu sentral sehingga disebut juga rotasi.

Contoh otot yang bekerja antagonis adalah otot bisep dan trisep di lengan bagian atas. Ketika otot bisep berkontraksi dan otot trisep berelaksasi, siku terlipat dan lengan bawah terangkat. Sebaliknya, ketika otot bisep relaksasi dan otot trisep berkontraksi, siku lurus dan lengan bawah turun. Jenis gerakan yang dihasilkan otot bisep dan trisep tersebut adalah gerakan ekstensor-fleksor. Jadi, otot bisep berperan sebagai otot fleksor karena kontraksinya membengkokkan lengan. Sementara itu, otot trisep adalah otot ekstensor karena kontraksinya meluruskan lengan.

Apabila kita menggerakkan tangan dengan gerakan meluruskan lengan, maka otot yang bekerja antara lain otot bisep akan berelaksasi, sedangkan otot trisep akan berkontraksi. Apabila kita menggerakkan lengan menekuk maka otot bisep akan berkontraksi, sedangkan otot trisep akan berelaksasi.


2. Otot Sinergis

Otot sinergis adalah pasangan otot yang kerjanya saling menunjang atau bekerja sama.
Contoh gerak otot sinergis adalah sebagai berikut:
a. Pronator teres dan Pronator kuadratus. Rotasi (gerakan berputar), Bila keduanya berkontraksi, telapak tangan akan menelungkup.

b. Sirkumduksi, gerakan ujung distal satu tulang membentuk satu lingkaran, sedangkan ujung proksimalnya tetap, seperti gerakan memutar satu lingkaran mengitari sendi bahu.
Previous
Next Post »