Jenis-jenis Gelombang

A.Gelombang

Gelombang merupakan salah satu cara perpindahan energi. Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat, zat antara atau mediumnya tidak ikut merambat. Sebagai buktinya ketika gelombang merambat diatas permukaan air maka gabus yang dilewati gelombang tidak akan ikut merambat.

B.Jenis-jenis gelombang

Di alam ini banyak sekali terjadi gelombang. Contohnya ada gelombang air, gelombang tali, cahaya, bunyi, dan gelombang radio. Apakah semua gelombang itu sama? Ternyata semua gelombang itu dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai sifat kemiripannya contohnya dapat dibagi dengan dasar berikut.

1. Gelombang berdasarkan arah rambat dan arah getar

Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang dapat dibagi menjadi dua. Pertama, gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambat tegak lurus pada arah getarnya. Contohnya gelombang air, tali dan cahaya. Kedua, gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar. Contohnya gelombang pegas dan gelombang bunyi.
 
gelombang cahaya
Ilustrasi Gelombang cahaya


 2.Gelombang berdasarkan mediumnya

Berdasarkan mediumnya, gelombang juga dapat dibagi menjadi dua. Gelombang mekanik yaitu gelombang yang membutuhkan media dalam merambat. Contohnya gelombang tali dan bunyi. Apa yang terjadi jika ada dua orang astronot yang bercakap-cakap diruang hampa? Jawabnya tentu tidak bisa secara langsung dari percakapan antar bunyi dari mulutnya. Sedangkan adalagi gelombang yang tidak membutuhkan media dalam merambat. Gelombang ini dinamakan gelombang elektromagnetik. Contoh gelombang elektromagnetik, yaitu cahaya, gelombang radio dan sinar-X.
gelombang radio
Ilustrasi Gelombang radio

3. Gelombang berdasarkan amplitudonya

Berdasarkan amplitudonya, ternyata ada dua jenis juga. Ada gelombang yang amplitudonya tetap yaitu gelombang berjalan. Dan ada gelombang yang amplitudonya berubah sesuai posisinya yaitu gelombangstasioner.
gelombang air
Ilustrasi Gelombang air


Previous
Next Post »