6 Jalur masuk UGM Untuk Program Sarjana

Myrightspot.com-Universitas Gajad Mada (UGM) merupakan salah satu univertas terbaik di Indonesia. Setiap tahunnya universitas yang terletak di Yogyakarta ini selalu menjadi tujuan utama para siswa dari seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Maka kalian harus siap bersaing dengat ketat jika kalian ingin kuliah di UGM. Berikut jalur masuk UGM untuk program sarjana.
Jalur masuk UGM Untuk Program Sarjana
UGM (sumber: CNNIndonesia.com)


1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa selama belajar di SMA/MA/SMK. Pada proses seleksinya, SNMPTN mempertimbangkan hasil prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1  sampai dengan semester 5  bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 tahun atau semester 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN, silahkan langsung kunjungi website resminya.

2. SBMPTN(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN tidak memandang nilai rapor tetapi menggunakan tes. SBMPTN berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau menggunakan komputer (UTBK). SBMPTN merupakan seleksi serentak yang dilakukan oleh seluruh PTN.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN, silahkan langsung kunjungi website resminya.

3. Ujian Tulis UGM
Ujian tulis UGM atau sering yang disebut UTUL UGM ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pada tahun ini, UTUL UGM memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Kapan pendaftaran Ujian Tulis UGM 2019 dibuka?
Pendaftaran Online nya kemungkinan dibuka pada bulan Mei
Untuk pastinya, silahkan untuk kunjungi website resmi ugm

Kapan Tes Ujian Tulis UGM 2019 dilaksanakan?
Kemungkinan di sekitar bulan JulI 2019

Bagaimana bentuk Ujian Tulis UGM 2019?
Untuk bentuknya tidak jauh dari SBMPTN
Ada 3 kelompok ujian, yaitu:
1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

Apa saja materi Ujian Tulis UGM 2019?
Materi tes Ujian Tulis UGM 2019:
1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek
TKD Saintek terdiri atas : Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia.
2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU)
(TKDU)terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA);
3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum
TKD Soshum terdiri atas: Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

4. PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan)  
Jalur seleksi PBUK ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah. Program kemitraan ini mensyaratkan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM. Mitra yang dimaksud dalam program ini adalah Pemda/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel dan sudah melakukan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Perkiraan pendaftaran: sekitar bulan april

5. PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)  
Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi(pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,- setiap bulannya). Peserta memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.
Perkiraan pendaftaran: sekitar bulan april

6. PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)
Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang IPTEKS (ilmu pengetahuan dan teknologi; sesuai program studi yang dipilih), olahraga, dan seni di tingkat provinsi/nasional/ internasional dan setara.
Khusus bidang olahraga dan seni yang diakui sertifikat kejuaraannya oleh UGM adalah:
Kluster Olahraga:
Atletik, Balap Sepeda, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Bridge, Catur, Gateball, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Panahan, Pencak Silat, Petanque, Renang, Selam, Sepak Bola/Futsal, Sepatu roda, Softball/Baseball, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Wushu.
Kluster Seni:
Fotografi, Marching Band, MTQ, Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis, Orchestra/Seni Musik, Paduan Suara/Seni Suara, Seni Tari dan Karawitan( gaya yogya, surakarta, bali), Seni Rupa, Teater.
Perkiraan pendaftaran: sekitar bulan april

Last update: 30 Desember 2018

Smoga informasi mengenai jalur masuk UGM di atas dapat bermanfaat. Untuk Informasi resminya dapat dilihat langsung di Website resmi UGM.
     
Previous
Next Post »