8 Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia


Setiap manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan. Kebutuhan antara individu satu dengan lainnya berbeda-beda. Perbedaan macam-macam kebutuhan manusia ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan:
1. Tingkat pendapatan
Tingkat pendapatan seseorang akan berpengaruh pada kebutuhan seseorang. Umumnya semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang semakin banyak kebutuhan hidupnya. Contohnya kebutuhan seorang pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan para karyawannya.

2. Perbedaan kondisi lingkungan
Manusia akan selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan keadaan alam sekitarnya. Perbedaan kondisi alam di berbagai tempat menyebabkan perbedaan kebutuhan. Kebutuhan barang dan jasa akan sesuai dengan kondisi wilayah di mana ia berada. Kebutuhan hidup di daerah dingin akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di daerah tropis, baik dari segi makanan, pakaian, maupun rumah.
Contohnya orang yang tinggal di daerah pegunungan akan membutuhkan pakaian tebal untuk melindungi tubuhnya dari rasa dingin. Hal tersebut berbeda dengan orang yang tinggal di daerah pantai. Orang yang tinggal di daerah pantai tidak begitu membutuhkan lagi pakaian tebal, akan tetapi membutuhkan pakaian yang tipis menyesuaikan dengan suhu udara di pantai yang rata-rata panas.

3. Lingkungan sosial
Manusia mempunyai kebiasaan mencontoh tingkah laku orang lain sehingga jumlah dan jenis kebutuhan hidupnya juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya.Seseorang yang tinggal di lingkungan ekonomi tinggi akan terpacu dirinya untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya.


4. Teknologi
Faktor-faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia
https://www.freepik.com/free-photos-vectors/people

Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi semakin tinggi menyebabkan kebutuhan manusia menjadi semakin beragam. Contohnya dahulu orang tidak membutuhkan Smartphone. Sekarang smartphone seakan-akan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Hampir setiap orang sekarang memiliki smartphone, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Dengan memiliki smartphone juga membuat kita harus memenuhi kebutuhan lain sebagai pelengkapknya seperti paket kuota data. Jika tidak memiliki smartphone  maka kita tidak perlu membeli paket data internet.

5. Usia
     Usia seseorang berpengaruh terhadap kebutuhannya. Anak kecil dan orang dewasa akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Contohnya bayi membutuhkan susu dan popok, sedang orang dewasa kebutuhannya sudah berbeda.

6. Agama
Agama juga dapat mengakibatkan timbulnya perbedaan kebutuhan. Orang yang memiliki agama berbeda dapat memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai agama yang dianutnya. Contohnya, umat Islam akan membutuhkan ketupat saat Hari Raya Idul Fitri. Umat Kristen akan membutuhkan pohon natal saat hari Natal. Pada saat perayaan hari besar bagi umat Hindu akan membutuhkan barang-barang kebutuhan khusus, misalnya bunga dan buah-buahan. Sementara umat Buddha membutuhkan hoi dalam menjalankan ibadahnya.

7. Adat Istiadat dan budaya
Perbedaan kebutuhan juga dipengaruhi oleh adat istiadat. Acara-acara adat di berbagai daerah membutuhkan barang-barang yang berbeda.Contohnya pernikahan dengan adat Jawa akan berbeda dengan adat pernikahan di tempat lain, sehingga barang yang dibutuhkan pun juga berbeda.
Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan hidup seseorang baik kebudayaan sendiri maupun kebudayaan yang datangnya dari luar. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola perilaku dan kebiasaan yang berbeda yang akan menimbulkan berbagai macam kebutuhan.

8. Iklan
Sekarang ini kebutuhan manusia juga banyak dipengaruhi oleh promosi produk melalui berbagai media massa. Contohnya terkadang kita membeli suatu produk hanya karena kita tertarik oleh iklan produk tersebut, padahal sebelumnya kita tidak tertarik untuk memilikinya. Hal tersebut wajar karena iklan memang dirancang untuk memengaruhi persepsi konsumen bahwa kita membutuhkan produk tersebut

Previous
Next Post »