5 Jalur Masuk UI yang Patut Dicoba

         Myrightspot.com-Sebagai salah satu Unversitas terbaik yang ada Indonesia, Universitas Indonesia (UI) merupakan universitas yang jadi favorit siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berikut beberapa jalur masuk UI yang dapat dicoba bagi yang ingin kuliah di UI.
Universitas Indonesia(sumber: UI)

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa selama belajar di SMA/MA/SMK. Pada proses seleksinya, SNMPTN mempertimbangkan hasil prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1  sampai dengan semester 5  bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 tahun atau semester 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun. Selain rapor, SNMPTN juga mempertimbangkan prestasi lainnya.
     Jalur SNMPTN untuk program pendidikan S1 reguler. Kuota yang diberikan adalah 30%, artinya jumlah yang diterima adalah sebanyak 30% dari daya tampung masing-masing prodi (program studi). Kuota sisanya dipenuhi melalui jalur SBMPTN.
*Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN, silahkan langsung kunjungi website resminya.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi melalui tes. SBMPTN berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau menggunakan komputer (UTBK). SBMPTN merupakan seleksi serentak yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN). Karena UI termasuk PTN, maka SBMPTN dapat digunakan sebagai jalur masuk UI
     Jalur SBMPTN untuk program pendidikan S1 reguler. Kuota yang diberikan adalah 70%, maksudnya jumlah yang diterima adalah sebanyak 70% dari daya tampung masing-masing prodi (program studi).
Pemilihan program studi
-Jika memiliha saintek maka dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi dari kelompok saintek.
-Jika memiliha soshum maka dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi dari kelompok soshum.
-Jika memiliha campuran maka dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi campuran dari kelompok saintek dan soshum.
*Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Materi Ujian SBMPTN yaitu:
-TKPA = Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerik, Figural.
Waktu: 105 menit
-TKD Saintek = Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia.
Waktu: 105 menit
-TKD Soshum = Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi.
Waktu: 55 menit

*Untuk informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN, silahkan langsung kunjungi website resminya.

3. Simak-UI(Seleksi Masuk UI)

     Simak-UI merupakan jalur masuk UI yang diselenggarakan sepenuhnya oleh UI. Biasanya Simak-UI dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia Program pendidikan yang dapat dimasuki melalui Simak-UI adalah Program Vokasi(D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. Jalur simak UI mengisi 30% kuota vokasi dan 50% kuota S1 paralel. Jika lewat jalur ini dapat memilih maksimal 6 program studi(3 S1 paralel, 3 vokasi/D3).

Apa saja materi yang diujikan dalam simak-UI?
Materi Ujian Simak-UI:
-Kemampuan Dasar(KD): Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.
Waktu: 90 menit
-Kemampuan IPA(KA): Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia.
Waktu: 120 menit
-Kemampuan IPS(KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi.
Waktu: 60 menit

Simak KKI(kelas khusus Internasional)
Simak KKI adalah jalur masuk UI khusus untuk kelas Internasional. Simak KKI memiliki jatah 60% kuota kelas internasional, sisanya dari talent scouting. Peserta Simak KKI hanya dapat memilih 1 program studi saja.

Apa saja materi yang diujikan dalam simak KKI?
Materinya ada dua jenis, tergantung program studi yang dipilih.
-Natural science: mathematics for natural science, biology, physics, chemistry
-Social sciences: Basic mathematics, economics, indonesian and world history, geography, sociology.
*Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter KKI, peserta harus mengikuti tes SJT (Situational Judgement Test) setelah ujian SIMAK selesai

4. PPKB(Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar)

PPKB merupakan salah satu jalur masuk UI dengan undangan atau tanpa tes tertulis. Sekolah mendapatkan sejumlah formulir yang dapat digunakan oleh siswa dari berbagai jenis kelas/keahlian. Jalur PPKB tidak untuk semua sekolah, hanya sekolah tertentu yang mendapat formulir. Jalur ini diperuntukan bagi siswa lulus pada tahun yang sama dengan tahun mendaftar dan memenuhi persyaratan, yaitu termasuk 50% terbaik. Siswa yang menggunakan jalur PPKB hanya dapat memilih 1 program studi pada S1 Paralel atau Program Vokasi. PPKB mengisi 70% dari kuota vokasi, dan 50% kuota S1 paralel.

5. Talent scouting


     Talent scouting merupakan jalur undangan untuk kelas internasional. Talent scouting mengisi 40% kuota kelas internasional. Peserta harus mengunggah sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 (PBT); 173(CBT); 60 (iBT) atau IELTS dengan skor minimal 5.5. Skor TOEFL Prediction tidak diakui, kecuali skor TOEFL Prediction/EPT yang diselenggarakan oleh LBI FIB UI. Untuk sekolah internasional, siswa harus sudah lulus A-Level atau IB Diploma atau ijazah yang sudah disetarakan oleh KEMDIKBUD. Siswa yang direkomendasi sekolah hanya dapat memilih 1 program studi pada S1 Kelas Khusus Internasional (KKI).

*untuk info resmi dapat anda lihat langsung di website UI.
Previous
Next Post »